Begini Cara Siswa SMPN 1 Sanana Peringati Hari Sumpah Pemuda

Sebarkan:
Siswa SMPN 1 Sanana peringati hari sumpah pemuda dengan menggunakan pakaian adat. (Kamera/Suhardi)
KAMERA SANANA - Berpakaian adat nusantara, ratusan pelajar SMP Negeri 1 Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula memadati jalan raya. Itu dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke 94 tahun 2022.

Pengamatan media ini, Jum'at, 28 Oktober 2022, para siswa tersebut terlihat sangat antusias dan tampil menarik dengan pakaian adat yang mereka pakai. Selain menggunakan pakaian adat, para siswa juga menampilkan drum band di sepanjang jalan.

Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sanana, Suryani Umaternate ketika dikonfirmasi Kabarhalmahera.com mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan inisiatif dari OSIS, dalam rangka memperingati hari-hari besar nasional seperti hari sumpah pemuda.

"Jadi pagi tadi kegiatan pertamanya kita melakukan upacara bendera peringati hari sumpah, dilanjutkan dengan aktraksi dari group teater SMP Negeri 1 Sanana," jelas Suryani.
"Kemudian sore harinya baru kita laksanakan dengan karnaval yang dimana karnaval ini adanya partisipasi dari warga, orang tua wali murid, guru dan siswa," sambungnya.

Sementara, Ketua Panitia peringatan hari sumpah pemuda, Masidin Umasugi memaparkan, salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan ini adalah drum band.

"Drum band dari SMP 1 ini memang baru, jadi peringati hari sumpah pemuda ini sekaligus katorang juga lakukan pertunjukan ke masyarakat," ujar Masidin.
Para dewan guru ikut meramaikan peringatan Hari Sumpa Pemuda.
Selain drum band, Masidin bilang, pihaknya juga melakukan mengarahkan seluruh siswa untuk menggunakan pakaian adat.

"Para siswa katorang arahkan untuk pakai pakaian-pakaian adat di seluruh nusantara, mereka pakai untuk menampilkan bahwa kita ini bersatu meski di dalam negara ini ada berbagai macam ragam, jenis dan lain sebagainya tapi kita satu, sehingga di hari sumpah pemuda ini katorang mengantarkan anak-anak untuk bersatu," pungkasnya. (Pn)

====
Penulis : Suhardi Umagapi
Editor    : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini