Sail Tidore Diharapkan memicu Pertumbuhan Ekonomi Malut

Sebarkan:
KAMERA TIDORE - Kegiatan internasional Sail Tidore 2022 di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara (Malut) menjadi momentum untuk mengajak masyarakat dunia semakin melihat keindahan Indonesia.

Rangkaian Sail Tidore 2022 yang dimulai sejak tanggal 24–29 November terdiri dari beberapa kegiatan seperti  kompetisi foto bawah air, olahraga bahari, festival moloku kie raha, pelayaran lingkar nusantara, pameran lokal, pameran nasional, diplomatic tour, bakti kesehatan, hingga pentas seni dan budaya.

Staf Ahli Wali Kota Tidore, Yakub Husain, mengatakan semua jajaran baik pemerintah daerah maupun masyarakat diarahkan bersama-sama untuk mendukung Sail Tidore.

"Ini jadi pekerjaan kolaborasi yang baik. Walaupun dalam penyelenggaraan ini pasti banyak masalah, namun kami berupaya sekuat tenaga untuk menyukseskan Sail Tidore 2022," pungkasnya, Jumat, 25 November 2022.
Sementara Kementerian Dalam Negeri, dalam hal ini, kerap memberikan dukungan dan optimis akan kesuksesan pelaksanaan acara puncak Sail Tidore 2022. Dirjen Bangda Kementerian Dalam Negeri, Teguh Setyabudi, menjelaskan bahwa acara puncak di tanggal 26 November merupakan indikator pelaksanaan Sail Tidore secara keseluruhan.

"Kita bangkitkan bukan hanya pada sektor perekonomian dan pembangunan Kota Tidore Kepulauan, tapi juga pada sektor-sektor lainnya. Kita berharap Sail Tidore 2022 dapat menjadi momentum pertumbuhan ekonomi untuk provinsi Maluku Utara. Kita usahakan semaksimal mungkin agar dalam pelaksanaannya jauh lebih baik dari pelaksanaan Sail sebelumnya," ajak Teguh.

Asdep Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenkomarves, Kosmas Harefa, menyampaikan bahwa kegiatan Sail Tidore harapannya bukan hanya jadi seremonial saja, tapi juga jadi pemicu kebangkitan ekonomi  masyarakat di wilayah Tidore Kepulauan dan Maluku Utara.

"Dalam sejarah kemaritiman Indonesia, Tidore Kepulauan memiliki catatan penting yang perlu kita angkat ke permukaan. Dengan semangat perjuangan Sail, ini merupakan momen kebangkitan Kota Tidore Kepulauan dan Maluku Utara. Selanjutnya bagaimana pemerintah daerah dapat menggunakannya sehingga bermanfaat untuk masyarakat Tidore ke depan," tambah Kosmas.

Kementerian Perhubungan, melalui Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan, Junaidi, turut menyampaikan dukungan infrastruktur transportasi untuk Sail Tidore 2022. Kementerian Perhubungan telah menyiapkan 30 kendaraan yang terdiri dari 23 unit hi-ace dengan kapasitas 15 seat serta tujuh unit bus dengan kapasitas 25 seat untuk memobilisasi pengunjung Sail Tidore. Total 30 kendaraan tersebut ditempatkan di dua lokasi yakni 25 unit di Tidore dan lima unit di Ternate.

"Dukungan dari Kementerian melalui Perhubungan Ditjen Perhubungan Laut juga telah menyiapkan 1 unit kapal KM. Tatamailau dengan kapasitas 1000 penumpang yang bisa digunakan sekaligus menjadi hotel terapung. Selain itu, juga disiapkan 27 speedboat dan kapal lainnya seperti kapal navigasi dan kapal penjagaan laut, yang siap mendukung kelancaran dan keamanan Sail Tidore 2022. Lalu, untuk mengakomodasi seluruh tamu yang hadir, disediakan kamar VVIP dan VIP yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi sejumlah 2857 kamar yang berlokasi sebagian di Tidore dan Ternate," terang Junaidi.*

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini