Sukseskan SBJ, TNI AL Bersama Pemkot Tidore Gelar Rapat Akbar

Sebarkan:
Pertemuan akbar dalam rangka mensukseskan Bakti Kesehatan Surya Baskara Jaya (SBJ) 24 November 2022 mendatang. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - TNI Angkatan Laut (AL) bersama Pemerintah Dinas Kesehatan dan Ruma Sakit Daerah atau RSD Kota Tidore Kepulauan menggelar pertemuan akbar dalam rangka mensukseskan Bakti Kesehatan Surya Baskara Jaya (SBJ) 24 November 2022 mendatang.

Pelaksanaan rapat ini dipimpin langsung oleh Asisten sekda bidang perekonomian dan pembangunan Taher Husaen, di ruang rapat Walikota, Senin 21 November 2022.

Kepala kesehatan Koarmada I, Kolonel dr. Rudi Pandapotan mengatakan, perhatian dari Kasal terhadap sail Tidore amat besar, dimana mampu menghadirkan kapal KRI Suharso yang merupakan KRI pertama buatan cina dan kapal rumah sakit KRI dr Wahidin Sudirosodo merupakan KRI baru.

"Ini baru dinikmati pertama kali oleh masyarakat Kota Tidore, dengan menghadirkan beberapa dokter TNI AL yang akan berkolaborasi dengan para dokter RSD Tidore dalam melakukan pengobatan gratis untuk masyarakat," ujar Rudi, Senin, 21 November 2022.
Ia bilang, selama SBJ berlangsung, itu akan dilaksanakan langsung di atas KRI dr. Wahidin Sudirosodo. Jika, kata Rudi, KRI RS ini disetarakan dengan rumah sakit KRI tersebut termasuk dalam RS tingkat II, karena terdapat fasilitas berupa lima kamar operasi, empat kamar ICU dengan pantilator serta terdapat CT Scan, rongseng, laboratorium dan terdapat 90 tempat tidur.

"Kami akan mengupayakan agar seluruh pasien yang terdaftar nantinya akan terlayani dengan baik dan tidak kecewa atas pelayanan yang diberikan," kata Rudi.

Sementara itu, Asisten sekda bidang Perekonomian dan pembangunan Taher Husaen menjelaskan, kegiatan SBJ ini dapat dilaksanakan secara baik untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

"Dengan penuh harapan, kegiatan bakti sosial ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga momentum sail Tidore dan SBJ ini dapat dinikmati dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya.

Terspisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan, Abd Majid Do M. Nur kepada wartawan menyampaikan, pihaknya tetap siap dalam mendukung kegiatan Surya Baskara Jaya yang merupakan rangkaian dari Sail Tidore.

"Data pasien sampai saat ini terupdate dari setiap puskesmas di Kota Tidore itu untuk, Spesialis sebanyak 23 pasien, Sp THT enam 6 pasien, Sp Obgyn 1 pasien, Sp mata 70 pasien, Sp kulit 1 pasien, Sp saraf 5 pasien, Sp jantung 1 pasien, Sp jiwa 1 pasien, umum 9 pasien dan katarak 109 pasien," kata Majid.

Selanjutnya, hernia 8 pasien, bibir sumbing 3npasien, khitan 106 pasien, gigi 83 pasien, Sp bedah 8 pasien dan 108 pemasangan Implan, IUD dan MOW. Ini merupakan potret status pasien yang terdaftar, namun ini akan tetap bertambah," sambung Majid.

Pihaknya juga menambahkan, pasien katarak yang terdaftar dari semua puskesmas akan melakukan scrining pada 22 November di RSD Tidore beserta pasien spesialis lainnya.

"Pada prinsipnya, kami dan RSD Tidore maupun IBI, IDI dan PPI siap mendukung sail Tidore serta mensukseskan bakti kesehatan Surya Baskara Jaya ini dengan menerjunkan tenaga Kesehatan untuk berkolaborasi dengan tenaga kesehatan TNI AL nanti," tandasnya.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini