Demi Kelistrikan di Halmahera Tengah, PLN Realisasikan Energize Excess Power dari PT IWIP

Sebarkan:
Penandatanganan MoU terkait Energize Excess Power dari PT IWIP ke PT PLN (Persero). (Istimewa)
WEDA - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara melaksanakan kerja sama Energize Excess Power dengan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

Kerja sama tu ditandai dengan penandatangan MoU di Kantor PT IWIP oleh Direktur Distribusi PT PLN (Persero) beserta jajaran, Pj Bupati Halmahera Tengah, Vice President dan Jajaran Direksi PT IWIP.

Tujuan MoU ini dalam rangka mewujudkan stabilitas dan keandalan sistem kelistrikan, PT PLN (Persero) sebagai Perusahaan Penyedia Tenaga Listrik yang berkualitas secara berkelanjutan.

Excess Power secara definisi merupakan kelebihan daya atau energi listrik dari penggunaan daya atau energi listrik oleh Pemegang Izin Operasi (PIO) yang diproduksi/dihasilkan oleh Pusat Pembangkit Tenaga Listrik.

Pelaksanaan Excess Power ini dilandaskan dengan Peraturan Menteri ESDM RI, No. 19 tahun 2017, tanggal 14 Februari 2017, tentang Pemanfaatan Batubara Untuk Pembangkit Listrik dan Pembelian Kelebihan Tenaga Listrik.

Selain itu Peraturan Direksi PT PLN (Persero) No. 0005.P/DIR/2018 tanggal 30 Januari 2018 tentang Pedoman Pembelian Kelebihan Tenaga Listrik oleh PT PLN (Persero).

Diketahui beban puncak 5,67 MW untuk kelistrikan di Weda mengharuskan PLN untuk segera mengambil langkah sigap guna memperkuat sistem kelistrikan agar pasokan listrik tetap terjaga.

Sejalan dengan itu, PLN berupaya menjalin kerja sama dengan PT IWIP dalam hal melakukan energize Excess Power dengan kapasitas 5 MW sebagai bentuk komitmen dalam melaksanakan pelayanan kelistrikan kepada warga.

Tujuan dilakukannya kerja sama ini adalah untuk memperkuat suplai sistem kelistrikan di Halmahera Tengah agar lebih andal.

Kerja sama ini sendiri direncanakan akan berlangsung selama 2 tahun dan akan diperpanjang menyesuaikan dengan kondisi dan perkembangan kelistrikan di wilayah setempat.

Vice President PT IWIP, Mr Kevin He mengatakan kerja sama ini merupakan momentum penting sekaligus hari bersejarah dalam hidupnya.

Dia menambahkan, PT IWIP siap untuk bekerja sama sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Menyambung hal tersebut, Pj Bupati Halmahera Tengah, Ikram M. Sangadji menyambut baik dan mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya kerjasama antara PT PLN (Persero) dengan PT IWIP.

“Saya ingat pertama kali saya ke Weda, saya langsung melakukan kunjungan ke PT IWIP untuk menanyakan mengenai pasokan kelistrikan. Saya tanya, kapan bisa merealisasikan penyalurannya ke masyarakat?,”ujar Ikram.

Sementara itu, General Manager PLN UIW Maluku dan Maluku Utara, Awat Tuhuloula menyampaikan rasa terima kasih atas koordinasi yang luar biasa dari Tim IWIP, Tim PLN, dan supporting penuh dari Pj Bupati Halmahera Tengah.

Direktur Distribusi PT PLN Persero, Adi Priyanto berharap adanya kerja sama yang dapat terwujud secara berkelanjutan, sehingga sinergi antara PIO Penyedia Tenaga Listrik dapat terjalin.

“Semoga dengan koordinasi yang baik antara PLN dan Pemda Kabupaten Halmahera Tengah dapat semakin mempercepat pembangunan kelistrikan dan pada akhirnya mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat”, kata Adi.

Pada dasarnya, prinsip dan komitmen untuk menerangi negeri sampai ke daerah pelosok harus selalu dipenuhi oleh PLN. Tentunya PLN dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas agar pasokan listrik dapat berjalan dengan andal dan aman.*

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini