Dukung Tidore Kota Santri, Pemkot Rancang Pemindahan Hari Pasar dari Jum'at ke Sabtu

Sebarkan:
Rapat pembahasan pemindahan aktifitas hari pasar di Tidore. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Pemerintah Kota Tidore bakal memindahkan aktivitas pasar besar dari hari Jum'at ke hari Sabtu. Kebijakan ini dalam rangka mendukung Tidore sebagai Kota Santri. 

Perihal pemindahan aktifitas pasar itu telah bahas oleh Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taher Husain, didampingi Staf Ahli Walikota dalam rapat yang berlangsung di ruang rapat Walikota, Senin 6 Maret 2023. 

Taher Husain mengatakan, pertemuan yang digelar sebagai bentuk tindaklanjut dari rapat sebelumnya pada oktober 2022 lalu.  Pasalnya menurut dia terkait dengan pemindahan hari pasar itu perlu adanya dasar hukum. Karena itu Dinas terkait agar dapat mempersiapkan apa saja yang berkaitan dengan pemindahan hari pasar itu untuk dibuat draftnya. 

"Untuk bagian hukum agar dapat menyiapkan muatan draft yang berkaitan dengan perpindahan hari pasar ini, agar dapat disosialisasikan kembali kepada masyarakat," ujar Taher. 

Ia bilang, setelah dasar hukum dibuat, selanjutnya akan disosialisasi kepada para stakeholder maupun masyarakat di pulau Tidore, karena pemberlakuan pemindahan hari pasar dari Jumat ke sabtu berlaku untuk wilayah Pulau Tidore. 

"Setelah ini kita akan melakukan sosialisasi dengan melibatkan berbagai stakeholder agar sama-sama melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga aktifitas dihari jumat itu sampai pada pukul 10:30 saja, baik masyarakat umum maupun jam pulang sekolah," katanya. 

Taher berharap, pemindahan hari pasar ini dapat disetujui oleh masyarakat, agar pada hari jumat aktifitas masyarakat juga dibatasi dengan waktu, yaitu mulai pukul 10:30 tidak ada lagi aktifitas di pasar dan akan dibuka lagi apda pukul 14:00. 

Perlu diketahui, bahwa ketika pemindahan hari pasar  disetujui maka pada setiap hari jumat, Dinas perhubungan akan membatasi aktifitas masayarakat umum disekitar Terminal dan pasar Sarimalaha pada pukul 11:00 sehingga tidak ada akses masuk maupun keluar pada arena tersebut, dan dibuka lagi pada pukul 14:00. 

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini