Kadikbud: Revitalisasi Bahasa Ternate Sangat Penting

Sebarkan:
Kepala Dinas Kebudayaan (Dikbud) Kota Ternate Sarif  H. Sabatun. (Kamera/Yadi)
KAMERA TERNATE - Kepala Dinas Kebudayaan (Dikbud) Kota Ternate Sarif  H. Sabatun menghadiri kegiatan pelatihan Pengajar Utama Revitalisasi Bahasa  Ternate, di Kota Ternate sekaligus menjadi Narasumber.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh kantor Bahasa Maluku Utara itu diikuti para guru  Bahasa Daerah, mulai tingkat SD, SMP/Sederajat, dan komunitas, itu sebanyak 50 orang  peserta bertempat di Sahid Bella Ternate, Selasa,14 Maret 2023.

Sarif menyatakan, revitalisasi Bahasa Ternate itu sangatlah penting. Ia bilang,  saat ini penuturan Bahasa Ternate di kalangan gemerasi mudah sudah mulai berkurang. Bahkan penututur bahasa di lingkungan keluarga pun sudah jarang menggunakan bahasa Ternate.

"Bahasa Ternate itu semakin tersisi," ucapnya saat dikonfirmasi usai dari  kegiatan.

Revitalisasi Bahasa Ternate, menurutnya, adalah upaya pemerintah agar bahasa daerah tetap eksis. Di Ternate sendiri, bahasa daerah sudah dicanangkan dalam  kurikulum  SD, dan telah diajarkan.

"Kami berharap, bahasa Ternate tetap terjaga," katanya.

Sarif mengatakan, Dikbud yang dipimpinnya sekarang telah belerjasama dengan  Fakultas Ilmu Budaya Universitas  Khairun Ternate untuk pengembangan kurikulum bahasa daerah.

"Jadi kita sinergikan program Dinas Kebudayaan dn Unkhair agar kedepan itu kita bisa menyusun kurikulum tingkat SD, sehingga kurikulum SD berlanjut ke tingkat SMP, dan itu  kita upayakan," katanya.

Sarif juga menambahkan, kurikulum tingkat SMP baru akan dirancang. Itu pun jika ada dukungan anggaran.

"Bila anggaran mendukung langsung dibuat kurikulum tingkat  SMP, sehingga   harapannya bahasa Ternate tersebut jangan punah," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, penuturan Bahasa Ternate saat ini lebih kental berada di wilayah Kecamatan Ternate  Utara, Ternate Barat,  Pulau Ternate, dan Kecamatan Pulau Hiri. Sementara di Ternate Tengah dan Selatan mulai berkurang.

====
Penulis : Yadi
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini