Wakil Wali Kota Tidore Resmi Buka Festival Jou Kota Desa Garojou

Sebarkan:

Wakil Wali Kota Tidore, Muhammad Sinen saat menghadiri dan membuka Festival Jou Kota. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Festival Jou Kota di Desa Garojau, Kecamatan Oba Utara resmi dibuka Wakil Walikota Tidore kepulauan Muhammad Sinen, Jumat, 28 April 2023.


Festival tersebut dalam rangka memperingati hari jadi Desa Garojou ke 59 tahun. Pembukaan Festival itu ditandai dengan pemukulan tifa oleh Wakil Walikota Tidore Muhammad Sinen di dampingi ketua I Tim penggerak PKK Kota Tidore Hj Rahmawati Muhammad Sinen,  Anggota DPRD Tidore, Marwan Suwardi ST, C
amat Oba Utara, dan kepala Desa Garojou.

Muhammad Sinen dalam sambutanya mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan sangat mengapresiasi kegiatan Festival Jou Kota tersebut.

"Kegiatan ini sangat baik dan penuh dengan kegiatan seni dan budaya ini patut mendapat dukungan semua pihak, karena sebagai upaya kita dalam melestarikan budaya sekaligus sebagai media untuk mempromosikan Tidore sebagai kota warisan dunia, perekat bangsa- bangsa yang kaya akan rempah dan budayanya," ujar Muhammad Sinen.

Orang nomor dua di Kota Tidore ini mengaku, peringatan Hari Jadi Garojou yang selalu meriah dan kegiatan yang beragam itu memiliki makna mendalam yakni sebuah sejarah panjang terbentuknya desa Garojou. Dimana masyarakatnya berasal dari Pulau Tidore yang datang ke Daratan Pulau Halmahera atas permintaan dari Sultan Tidore pada kala itu.

"Desa Garajou sejak 59 tahun lalu, sampai hari ini sudah banyak berubah dan banyak mengalami perkembangan yang cukup signifikan, namun kita harus kembali untuk berdiri bersama-sama hari ini dan mengevaluasi atas perkembangan yang sudah ada," ucapnya.

Ia mengajak agar menjadikan momentum itu sebagai awal kebangkitan bersama meraih cita Kota Tidore Kepulauan yang semakin baik dalam balutan persatuan dan kekompakkan yang senantiasa terjaga.

"Semoga dengan adanya Festival ini mampu menjadi sebuah Festival tahunan yang terus dikembangkan oleh pemuda dan masyrakat Garojou tanpa meningggalkan identitas kita sebagai negeri yang berbudaya," imbuhnya.

Wakil Walikota dua periode ini juga menyampaikan terima kasih kepada panitia pelaksana dan seluruh peserta. Begitu juga dengan semua pihak yang telah berpartisipasi, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Tak lupa masih dalam suasana bulan syawal, atas nama pemerintah daerah, kami ucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin." tuturnya.
Sementara itu Ketua Panitia M Nawawi Ibnu Soleman mengatakan, tujuan dilaksanakan festival itu dalam rangka memperingatu serta merefleksikan hari jadi Garojou yang ke 59 tahun. Itu untuk menyatukan gagasan dan kekuatan untuk membangun Desa Garojou kedepan yang lebih baik.

"Ini juga sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi antara masyarakat yang ada di Desa Garojou pada khususnya maupun Tidore pada umumnya yang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari eksistensi desa ini," singkatnya.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini