22 Petugas Yantek Optimization PLN UP3 Sofifi Ikut Pelatihan Upskilling

Sebarkan:
SOFIFI – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sofifi menggelar pelatihan program upskilling bagi Petugas Layanan Teknik (Yantek) dalam kerangka Perwujudan Yantek Optimization selama dua hari. Sebanyak 22 petugas Yantek dari Unit Layanan maupun Kantor Pelayanan terlibat sebagai peserta pelatihan, Jumat 2 Juni 2023.

Pelatihan yang berpusat di pelataran Workshop UP3 Sofifi ini dimulai dengan sesi In Class Training (ICT) yang dipandu oleh Instruktur bagian Jaringan dan Konstruksi dari Kantor Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara.

“Pelatihan program upskilling ini merupakan sarana dan prasarana pelatihan yang menjadi bukti komitmen PLN untuk meningkatkan kompetensi Petugas Yantek dalam melayani pelanggan PLN. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan yang mewajibkan setiap petugas terus meningkatkan kompetensi melalui pelatihan,” ucap General Manager PLN UIW Maluku dan Maluku Utara, Awat Tuhuloula.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Sofifi, Burhanuddin Muflihul Hasan mengatakan, upskiling Petugas Yantek ini untuk meningkatkan keterampilan petugas dalam menguasai bidang distribusi dan bekerja sesuai SOP dari PLN.

“Kami melakukan monitoring dan memantau secara ketat pelaksanaan operasional pelayanan teknik. Perbaikan gangguan harus ada percepatan, sehingga hasil rating negatif diupayakan sekecil mungkin dan nihil. Jadi, petugas Yantek harus mengerti dan paham SOP memperbaiki gangguan pada jaringan,” ucapnya.

Peserta diperkuat dengan pemberian materi terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), pemaparan materi AKHLAK dan PS4, dan kemudian ditutup dengan pelaksanaan praktik lapangan, yakni pemeliharaan instalasi gardu distribusi portal dan penggantian isolator tumpu.

Selama dua hari kegiatan berlangsung, peserta tampak antusias mengikuti setiap sesi pelatihan. Dalam sesi sharing pun, diakui tak mendapatkan teori secara spesifik. Dengan adanya pemaparan materi di setiap sesi, diyakini dapat diimplementasikan dengan baik ketika kembali di Unit masing-masing dan bertugas di lapangan. Tingkatkan kualitas eksekusi sejatinya akan membuat PLN akan semakin andal dalam memberikan pelayanan terbaik ke depannya.* (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini