Wawali Tidore Letakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Nurul Yaqin Guraping

Sebarkan:
Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen saat meletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Yaqin. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Muhammad Sinen melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Nurul Yaqin, di lingkungan I Sukma Kelurahan Guraping, Kecamatan Oba Utara, , 27 Agustus 2023.

Muhammad Senin dalam sambutannya mengatakan, dalam melaksanakan pembangunan masjid dibutuhkan kesabaran dan kemauan yang kuat dari semua pihak terutama panitia pembangunan.

"Saya memahami bahwa dalam pembangunan ini kadang-kadang muncul masalah, yang kalau tidak diselesaikan dengan baik justru bisa menghambat pekerjaan pembangunan. Sikap saling terbuka, saling percaya, dan saling menghargai merupakan kunci kesuksesan panitia dalam menyelesaikan pembangunan masjid," ucap Ketua DPD PDIP Maluku Utara.

Maka dari itu, ia mengajak agar sama-sama  mendoakan panitia dalam pembangunan masjid berjalan dengan baik, dan lancar. Peletakkan batu pertama pembangunan Masjid  ini nantinya diharapkan mampu menjadi sebuah bangunan yang representative sebagai salah satu wadah pembentuk SDM Kota Tidore Kepulauan, khususnya di Kelurahan Guraping di bidang keagamaan yang mumpuni untuk menjadi generasi penerus yang dapat diandalkan.

"Selain sebagai tempat peribadatan, masjid ini juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk bersilaturahim, dan sebagai pusat Dakwah Islamiah, serta pusat aktivitas umat Islam lainnya. Oleh karena itu, kita memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk kembali memakmurkan masjid ini kelak," ujarnya.

Kata dia, tunjukanlah bahwa julukan Kota Tidore Kepulauan sebagai Kota seribu masjid, bukan hanya berdiri kokoh menara dan bangunan - bangunan masjid yang besar tanpa penghuni, namun bangunan besar dengan menara yang berastitektur modern tersebut dapat di imbangi dengan kegiatan ritual keagamaan dalam setiap waktu. 

"Kita sebagai masyarakat muslim  tentu memiliki tanggung jawab besar untuk menghidupkan syiar Islam yang  dimulai dari Masjid. Olehnya itu, pembangunan Masjid ini menjadi prioritas utama bagi masyarakat Muslim di Lingkungan I Sukma, Kelurahan Guraping. Pembangunan Masjid ini sudah lama kita dambakan, dan sudah lama direncanakan. Namun alhamdulillah hari ini Allah mengabulkan harapan kita semua," ucap Ketua Panitia Udin Hamisi di awal sambutannya.

Ia menyatakan, Masjid Nurul Yaqin ini dibangun baru, karena kondisi bangunan usianya sudah puluhan tahun lamanya, dan kontruksi bangunan sebagiannya sudah rapuh, dan kapasitas menampung jamah pun juga tidak memadai lagi, sehingga dengan kondisi bangunan yang memprihatinkan ini masyarakat bersama tokoh agama, tokoh adat dan pemuda membentuk panitia pembangunan masjid, dan t disetujui oleh Pemerintah Kelurahan Guraping dengan Surat Keputusan atau SK.

"Pembangunan masjid baru ini kami lakukan, karena lingkungan I Sukama kelurahan Guraping ini berada dipusat keramaian ibu kota propinsi. Demi generasi kita kedepan dengan penambahan jumlah penduduk dari waktu ke waktu, maka perluasan pembangun masjid baru penting untuk dibangun. Selain itu juga, kami menyadari bahwa, di dalam membangun pondasi keimanan dan pembentukan karakter pribadi masyarakat muslim yang baik adalah juga dari masjid," ujarnya.

Dikatakan, dengan keberadaannya masjid ini diharapkan mampu menjadi penangkal berbagai pengaruh buruk dari efek kemajuan zaman dan globalisasi, serta yang lebih utama lagi masjid menjadi sarana kokohnya umat Islam di lingkungan I Sukma Kelurahan Guraping.

Disebutkan, dalam perencanaan pembangunan masjid  ini ditaksirkan anggarannya sebesar  sebesar Rp 3.125.525.000, (Tiga miliyar seratus dua puluh lima juta, lima ratus dua puluh lima ribu rupiah). Meski demikian, panitia masih membutuhkan sebagian anggaran untuk sebagai langkah awal pembangunan masjid ini.

Selanjutnya, dengan harapan semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama, pembangunan masjid ini mendapat sentuhan tambahan biaya dari semua hambah Allah. Pada kesempatan ini panitia menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan sumbangsihnya terhadap pembangunan masjid ini, terutama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan. Kami tidak dapat menyebutkan satu per satu pihak-pihak yang telah memberikan bantuannya, baik secara materil maupun non materil. Semoga Allah SWT membalas kebaikan bapak ibu semua atas sumbangsihnya terhadap pembangunan masjid ini dengan pahala, dan kebaikan yang berlimpah, " sebutnya.

Ia juga mengajak kepada masyarakat, para pemuda-pemudi untuk terus mempererat persatuan, bahu membahu, dan bekerja sama untuk mensukseskan pembangunan masjid ini hingga tuntas, sebab menurutnya, tanpa adanya persatuan, dan saling membantu dalam kerja sama mustahil pekerjaan besar ini akan dapat terselesaikan.

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini