Tekan Inflasi, Dinas Ketpang Ternate Gelar Gerakan Pangan Murah

Sebarkan:
Pangan Murah Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, bertempat taman Film Benteng Orange Ternate. (Foto: Yadi)
TERNATE - Dinas Ketahanan Pangan atau Ketpang Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar Gerakan Pangan Murah Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, bertempat taman Film Benteng Orange,  Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah.

Pangan murah ini merupakan kerja sama Dinas Ketpang Kota Ternate dengan Perum Divisi Regional (Divre) Bulog Ternate, BI Maluku Utara, PT Laris Manis Utama, Mega Ponsel, PT. Firma Agung, Tokoh Sinar Bima Ternate, Tokoh Kusuma Samudra, UMKM dan Kelompok Tani.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten III Sekda Kota Ternate, Kepala Perum Bulog Kota Ternate, Dandim atau yang mewakili Pasi Pers Kodim 1501/Ternate, BI Perwakilan Maluku Utara, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Ketpang Kota Ternate, Muhammad  Hartono di sela-sela pasar murah mengatakan, gerakan pangan murah ini menjadi salah satu  upaya pemerintah untuk menekan harga bahan  kebutuhan pokok dan mengurangi tingkat inflasi menjelang Natal dan Tahun Baru atau Nataru.

"Kita ketahui bahwa inflasi di Kota Ternate ini mengalami peningkatan, dimana tahun lalu 31 persen saat ini naik menjadi 0,42 persen. Dengan terjadinya inflasi tersebut maka kami yang memiliki tupoksi harus mengendalikan," ucapnya kepada awak media, Rabu, 15 November 2023.

Muhamad menjelaskan, pasar murah ini selain   membantu masyarakat Kota Ternate terutama yang berpenghasilan menengah kebawah agar mendapatkan pangan murah juga tujuannya adalah menekan angka inflasi di Kota Ternate.

Sementara itu, produk yang ditawarkan pada Gerakan Pangan Murah, antara lain Gula Pasir Rp. 13.000/kg, Tepung Terigu Rp. 11.000/kg, Cabe Rawit Rp. 50.000/kg, Minyak Goreng Rp. 16.000/kg, serta Cabe Merah Keriting Rp. 40.000/kg.

"Bukan hanya itu, tapi juga Beras Rp. 55.000- 71 .000/karung 5 kg, Tomat Rp. 8000/kg, Bawang Merah Rp. 31.000/kg, Bawang Putih Rp. 36.000/kg, dan Telur Rp. 57.000/rak," ujar mantan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Halmahera Selatan itu.

"Tanggal 21 atau 22 November kami bersama Dinas Pangan Provinsi juga akan melaksanakan gerakan pangn murah bertempat di Waterboom, Ternate Selatan. Yang akan menyelenggarakan adalah dari provinsi" ungkapnya menambahkan.

====
Penulis: Mulyadi Ismail
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini