DWP BPMP Maluku Utara Selenggarakan Pelatihan Cara Pembuatan Kue

Sebarkan:
Kepala SMK Negeri 3 Kota Ternate, Drs Kamaludin Ahmad, (Tengah) bersama peserta pelatihan. (Kamera/Adi).
KAMERA TERNATE - Dharma Wanita Persatuan atau DWP Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi  Maluku Utara menyelenggarakan pelatihan membuat berbagai macam kue yang merupakan program DPW BPMP Malut.

Pelatihan ini berlangsung di SMK Negeri 3 Kota Ternate. Sabtu, 2 Desember 2023.

Diikuti oleh 26 orang peserta dengan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk Ibu-ibu DWP BPMP belajar cara untuk membuat kue. 

Ketua Bidang Ekonomi DWP BPMP Provinsi Maluku Utara, Rusni Adam saat dikonfirmasi menjelaskan, pelatihan ini merupakan program  
dari DWP BPMP Provinsi Maluku Utara. 

"Tujuannya adalah untuk belajar cara membuat  kue supaya kami bisa mempraktikkan di rumah, sehingga kedepan diharapkan kami sudah bisa 
inovatif dan  kreatif," ujar Rusni kepada wartawan.

Ruani bilang, dalam pelatihan ini ada tiga macam kue yang diajarkan  oleh chef, yaitu aneka  macam roti, kue makron khas Ternate, dan kue coklat flash yang dipraktikkan hari ini. 

"Mudah-mudahan kedepan program seperti ini ada lagi agar bisa melanjutkan praktek-praktek yang lain. Kami  berharap setelah dari praktek  ini kami (DWP BPMP) sudah mampu bersaing dengan pebisnis kue yng ada diluar," kata Rusni.

"Dalam  praktek atau pelatihan ini ada empat chef yang mendampingi kami, yang dimana awalnya kami belum tau alhamdulillah sudah bisa membuat kue diatas 50 persen," sambungnya.

Sementara  itu, Kepala SMK Negeri 3 Kota Ternate, Drs. Kamaludin Ahmad mengatakan,  selaku pimpinan  sekolah memberikan apresiasi,  dan ucapan terima kasih kepada DWP Provinsi  Maluku Utara melalui  Bidang Ekonomi DWP BPMP. 

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih karena dalam pelatihan telah memakai fasilitas SMK 3, sebab ini juga merupakan tujuan kami mengajak orang untuk mengetahui sekolah kami," tuturnya.

Mantan Kepala SMK Negeri 2 Kota Ternate itu juga  menyatakan  bahwa, pihaknya memberikan   apresiasi kepada Unit Tata Boga karena  telah membagikan karyanya kepada DWP BPMP. 

"Mudah-mudahan ini kunjungan bukan yang pertama tapi terus berkelanjutan. SMK Negeri 3 ini  welcome sapa saja bisa memakai dalam rangka untuk berkolaborasi. Sekolah bisa maju kalau berkolaborasi. Mudah-mudahan selesai dari kegiatan ini Insha Allah kedepan bisa kita lanjut dengan agenda yng berbeda-beda," harapnya.

Dirinya juga menambahkan, di SMK 3 tersebut telah memiliki lima jurusan yang terdiri dari Tata Boga, Tata Busana, Tata Kecantikan, Asisten Keperawatan, dan Perhotelan, hal tersebut guna bisa menciptakan ekonomi kreatif. 

"Semoga kedepan bisa kami fasilitasi diluar kegiatan sekolah supaya kami melayani dan bekerja sama, yaitu dalam rangka bisa bersinergi peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia atau SDM Maluku Utara kedepan." tandasnya.

====
Penulis : Mulyadi Ismail.
Editor    : Rustam Gawa.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini