Bupati Halbar Kunjungi Warga Terdampak Angin Puting Beliung

Sebarkan:
Bupati Halbar James Uang. (Kamera/Arfles).
KAMERA HALBAR - Bupati James Uang mengunjungi langsung warga Desa Hatebicara, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, (Halbar) Maluku Utara. Selasa, 16 Januari 2024.

Kunjungan Bupati itu dikarenakan sejumlah rumah milik warga dan bangunan di desa setempat rusak akibat dari angin puting beliung disertai hujan deras dan petir sekira pukul 15:40 WIT.

Tampak hadir mendampingi Bupati dalam kunjungan tersebut yakni, tim BPBD, TNI-Polri dan Pemerintah desa.

Bupati Halbar James Uang mengatakan, angin puting beliung yang mengakibatkan kerusakan rumah ini tidak ada yang bisa menduga. Dengan begitu, pemerintah daerah bakal menginventarisir rumah-rumah yang rusak untuk mengatahui seberapa besar kerugiannya agar memberikan bantuan untuk meringankan warga yang terkena musibah tersebut.

"Saya sudah perintahkan Kadis, Sekretaris dan Stafnya di BNPB segera inventarisir kerusakannya," ujarnya.

Ia mengaku, untuk rumah yang rusak, Pemda tetap berupaya untuk memperbaiki.

"Saya menyampaikan ke pemilik rumah agar bersabar, karena setelah mengatahui kerugian akan segera menyusun perencanaannya untuk eksekusi berdasarkan dokumen perencanaan  Penanggulangan Bencana daerah," tukasnya.

Tak hanya itu, Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dalam beraktivitas karena cuaca yang kurang bersahabat.

Terpisah, Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Halbar Gunawan MT Ali menuturkan akan bekerjasama dengan pemerintah desa untuk menginventarisir rumah warga yang rusak.

Pihaknya juga telah mengantongi data rumah serta bangunan yang rusak saat ini.

"Aada 7 bangunan yang rusak, kami akan bekerjasama dengan Pemdes guna menginventalisir rumah rusak agar mengatahui seberapa kerugiannya." tandasnya.

====
Penulis : Arfles Rajalahu.
Editor    : Rustam Gawa.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini