Jaga Kamtibmas Pemda Halut Gelar Rakor Bersama Kapolres

Sebarkan:
Rakor unsur Pemda dan Polres Halut. (Foto: Utam)
KAMERA TOBELO - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, (Forkopimda) Halmahera Utara, menggelar Rapat Koordinasi, (Rakor) bersama Kapolres Halut AKBP Moh Zulfikar Iskandar, S.I.K dalam rangka menjaga Kamtibmas di wilayah setempat.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Amarta Polres Halut. Rabu, 03 Januari 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Bupati Drs F.N Sahetapy, Kapolres Halut AKBP Moh Zulfikar Iskandar S.I.K., Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Rusmin Nuryadin., Kajari Halut Muhamad Ahsan Tamrin S.H.M.H., Kepala Pengadilan Negeri Tobelo., Slamet Budiono S.H.M.H.

Kemudian, Kasad Pol PP Halut M.Kacoa., para PJU  Polres Halut, Camat Tobelo Kota, Tobelo Utara dan Tobelo Selatan, serta lara Kepala Desa di Kecamatab Tobelo.

Kapolres Halut AKBP Moh Zulfikar Iskandar dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini menindaklanjuti surat edaran Kamtibmas yang ditandatangani secara bersama-sama pada 26 Juli 2023. Pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf karena kegiatan tersebut dilakukan secara mendadak.

Ia juga menyebutkan, pada bulan Desember 2023 kemarin ada 3 kejadian yang terjadi di wilayah yaitu menyangkut tauran yang berawal dari pesta malam, dan menkonsumsi minuman keras sehingga terjadi tauran saling serang, pihaknya juga merasa sangat bersyukur karena pada malam pergantian tahun tidak ada hal-hal yang tidak dinginkan bersama itu tidak dapat terjadi.

Dirinya juga menyarankan agar apabila ada yang melaksanakan kegiatan agar dapat dilaksanakan di dalam gedung, contoh pesta perkawinan dan lainnya dengan tujuan bisa terkordinir.

"Sebentar lagi kita akan melaksanakan pemilihan umum, untuk itu saya minta kepada  para pimpinan di Desa-desa untuk kita diskusikan kejadian yang sering terjadi di wilayah kita. Saya juga berharap kepada Kasad  Pol PP Halut kalau bisa kita sering laksanakan Patroli gabungan untuk menjaga Kantibmas yang ada di wilayah, kedepannya saya akan kordinasikan dengan para Camat dan para Kades kita akan melaksanakan patroli yang lebih ketat lagi," ujar Kapolres.

"Setelah ini segera di buat grup khusus Forkopimda dan para pimpinan di Kecamatan dan Desa. Kita bentuk Tim Patroli malam untuk Kamtipmas daerah kita. Mari kita niatkan kegiatan ini secara bersama-sama untuk keamanan daerah masyarakat kita untuk Halut yang lebih baik," sambungnya.

Mewakili Bupati Halut, Asisten I Drs F.N Sahetapy menyampaikan, terkait surat edaran Bupati tentang Kamtibmas pemerintah daerah sudah menyampaikan sosialisasi kepada para camat dan kepala desa.

"Setelah ini, Kasad Pol PP bisa rapatkan barisan untuk melaksanakan kegiatan patroli gabungan bersama TNI-Polri, beberapa catatan yang sudah di sampaikan oleh Sekda dan kepada para camat dan kepala desa," ujarnya.

Sementara itu, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Rusmin Nuryadin menambahkan untuk kegiatan pesta malam, pihaknya telah mengkroscek ke setiap desa-desa dan sudah di sampaikan betul oleh para kepala desa di desanya masing-masing.

"Terkait situasi aman dan tidak aman di wilayah kita, itu tergantung kita bagaimana cara kita untuk membina masyarakat kita dan cara menyampaikan bahasa. Upaya kami juga melaksanakan swiping miras di pos-pos apabila kita temukan kita langsung ambil dan di amankan. Di masing-masing Desa sudah ada Babinsa dan Babinkantipmas untuk itu para kepala Desa harus sering berkoordinasi." tandasnya.

====
Penulis: Rustam Gawa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini