Bulan Depan, SD dan SMP di Tidore Bakal Gelar Ujian Akhir

Sebarkan:
Yakub Ismail. (Dar)
TIDORE - Seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Tidore Kepulauan bakal menggelar ujian akhir pada Mei 2024.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan yang juga sebagai
Ketua Panitia Ujian SD-SMP, Yakub Ismail, kepada wartawan media ini saat di temui di ruang kerjanya, Rabu, 17 April 2024.

Untuk jadwal pelaksanaan ujian, kata Yakub, belum dapat dipastikan karena panitia masih melakukan verifikasi calon peserta sementara.

"Jadi akan verifikasi lebih lanjutan sampai pada calon peserta tetap. Pelaksanaanya diperkiraan untuk SMP sekitar pada  7 sampai 13 Mei dengan jumlah peserta kurang lebih sebanyak 1042 orang peserta, kemudian untuk SD kemungkinan dilaksanakan pada  20 sampai 25 Mei dengan jumlah peserta sekitar 1846 orang peserta," ujarnya.

Yakub menambahkan,  pelaksanan ujian ini semuanya merujuk pada Dapodik, selanjutnya peserta diferivikasi secara online.

"Jadi pelaksanaan ujian insyaallah kami laksanakan berbasis komputer baik itu ofline dan online, untuk online itu kita bisa gunakan hanpone dan juga leptop. Untuk ofline itu kita punya server jadi nanti dikumpul diserver itu, setelah itu  disingkron baru serahkan ke masing-masing sekolah," katanya.

"Sementara Kecamatan Oba Selatan kami tetap menggunakan server karena terkendalah dengan jaringan, sehingga pesertanya bisa dibawa kesini (ke kota) untuk disingkronkan ke dinas pendidikan baru servernya di bawa kesana untuk bisa diaksea oleh semua peserta ujian, akan tetapi ujiannya tetap berbasis komputer tetapi moda pelaksannya online dan ofline, kalau untuk di Tidore pulau tetap Online," sambungnya.

Yakub mengatakan, dalam waktu dekat ini tim ferivikasi Dinas Pendidikan akan turun ke wilayah kecamatan Oba Selatan guna memastikan ketersediaan jaringan.

"Kalau jaringan bisa memungkinkan, mereka bisa ujian kalau tidak bisa maka tetap  menggunakan  offline. Insyaallah pelaksanaan ujian oleh siswa/siswi SD dan SMP se-Kota Tidore kepulauan pada tahun 2024 nanti bisa berjalan dengan baik dan tidak ada hambatan apapun," tandasnya.

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini