Dandim 1501/Ternate Pantau Perkembangan Status Gunung Ibu

Sebarkan:
Dandim 1501/Ternate Letkol Adietya Yuni Nurtono saat memantau aktivitas Gubung Ibu. (Ar)
JAILOLO - Dandim 1501/Ternate Letkol Adietya Yuni Nurtono melakukan peninjauan langsung dampak lokasi Erupsi Gunung Ibu di kecamatan Tabaru, Kabupaten Halmahera Barat, Kamis, 9 mei 2024.

"Sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat, saya beserta Jajaran meninjau langsung kondisi terkahir di gunung ibu," ujarnya begitu disambangi awak media.

Letkol Adietya mengatakan, saat ini pihaknya juga telah 50 personil anggota TNI di lokasi tepatnya di Kecamatan Ibu untuk perbantuan bencana alam.

"Sebentar Kita rapat bersama dengan camat dan kepala desa dan menyampaikan kepada danramil untuk melaksanakan sosialisasi di masyarakat dengan tujuan untuk melakukan langkah-langkah apabila masyarakat terus di evakuasi," imbuhnya.

Ia mengaku, anggota TNI yang disiagan itu akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanguoangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah.

"Kami juga menyiapkan segala sumberdaya alam dan sumber yang lain termasuk personil dan juga material yang kami siapkan sewaktu-waktu dibutuhkan untuk membantu di pengungsian," kata Letkol Adietya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah setempat terkait langka-langka yang dilakukan oleh masyarakat. Para Babinsa juga di imbau terus mensosialisasikan kepada masyarakat di wilayah tugas masing-masing dan menaati himbauan tersebut.

"Kita membantu mensosialisasikan dan juga menyiapkan personil. Pasukan di Kecamatan Sahu apabila dibutuhkan kita akan geser ke Ibu untuk ikut membantu," harapnya.

Saat ini masyarakat di imbau aga tidak beraktivitas dan mendekati arah Gunung atau dengan radius yang sudah ditentukan, yakni 3 sampai 5 km.* (Red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini