Pemkot Tidore Siap Salurkan Hewan Qurban Hari Raya Idul Adha 1445 H

Sebarkan:
Kepala Bagian Kesra Setda Kota Tidore Sahnawia Ahmad. (Dar)
TIDORE - Pemerinta Daerah Kota Tidore Kepulauan melalui bagian kesra menyiapkan 16 hewan Qurban dalam rangka hari Raya Idul Adha 1445 H/ 2024.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Tidore Sahnawia Ahmad, mengatakan hewan kurban yang disiapkan itu dibeli dari peternak di Wairoro, Weda Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah.

"Yang menjadi target kami untuk tahun ini sebanyak 20 ekor sapi, hanya saja hewan ternak yang dijual sekarang ini harganya berfariasi ada yang harga 15 juta," katanya.

Sementara anggaran yang digunakan untuk belanja hewan qurban melalui APBD hanya Rp. 200 juta. "Mestinya dari awal kalau menyusun anggaran itu seharusnya kita tanya lebih dulu harga sapi, kalau kita target itu macan 10 juta perekor berarti dengan anggaran 200 juta itu kita dapat 20 ekor sapi. ternyata di lapangan tidak ada harga 10 juta per ekor namun kita dapat di lapangan itu," katanya.

"Jadi Rp 200 jutatidak mencapai target volume  20 ekor sapi saja, karena di dalamnya dipotong pajak PPN dan PPH sehingga kita dapat cuman 16 ekornya saja sehingga folumenya turun karena sesuai dengan anggaran," sambungnya.

Sahnawi bilang, 16 hewan kurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat. "Hewan kurban ini kami beli dari peternak di Wairoro ini nanti di distribusikan ke masyarakat melalui kelurahan yang sudah mengajukan permohonan," jelas Sahnawi, Jumat,17 Mei 2024.

Sementara untuk kelurahan yang belum mendapatkan jatah hewan kurban tahun ini, kata dia, agar mengajukan permohonan untuk tahun depan.

"Untuk pemotongan hewan qurban akan berlangsung secara simbolis usai melaksanakan Shalat Eid," tandasnya.

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini