DPMD Umumkan Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kota Tidore Kepulauan

Sebarkan:
Kadis PMD Kota Tidore Kepulauan, Zulkifli Ohorella. (Kamera/Aidar).
KAMERA TIDORE - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sabtu, 15 Juni 2024 mengumumkan juara lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kota Tidore Kepulauan Maluku Utara, (Malut) tahun 2024.

Pengumuman juara lomba ini, setelah dilaksanakan penilaian sejak tanggal 3–7 Juni 2024 lalu.

Kepala Dinas PMD Kota Tidore Kepulauan, Zulkifli Ohorella mengatakan, pelaksanaan lomba Desa/Kelurahan, merupakan salah satu tahapan dari evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat Kecamatan sampai Nasional. Kegiatan ini menurutnya, dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

“Dari kegiatan ini diharapkan mampu membangun semangat untuk berkompetisi dan berkolaborasi antar desa dan kelurahan di setiap kecamatan serta mendorong inovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang ada di Desa/Kelurahan,” ujar Zulkifli.

Zulkifli juga menuturkan, desa dan kelurahan pemenang lomba tingkat Kota ini, akan mewakili Kota Tidore Kepulauan ke lomba tingkat Provinsi. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi dan motivasi serta reward atas pencapaian Desa dan Kelurahan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan akan memberikan penghargaan berupa piagam dan total bonus sebagai bentuk dukungan pembinaan pasca lomba, sebesar Rp. 30 juta rupiah.

Terpisah, Ketua Tim penilaian lomba Desa/Kelurahan tingkat Kota Tidore Kepulauan, Iswan Salim menyebutkan, pelaksanaan penilaian Desa/Kelurahan ini terbagi dalam tiga bidang diantaranya bidang pemerintahan, dengan 6 indikator dan 15 sub indikator. Bidang kewilayahan, dengan 5 indikator dan 21 sub indikator. Bidang kemasyarakatan, dengan 9 indikator dan 44 sub indikator. Seluruh kelengkapan administrasi ketiga bidang tersebut dan inovasi pemerintah desa/kelurahan juga menjadi bagian dari aspek penilaian. 

"Dalam waktu dekat ini, kami akan intens melakukan pembinaan pada Desa/Kelurahan juara untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti lomba di Tingkat Provinsi yang dijadwalkan pada minggu ke IV bulan Juni 2024," jelas Iswan Salim yang juga merupakan Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa, di DPMD Kota Tidore Kepulauan itu.

Lomba desa/kelurahan ini untuk juara I kategori lomba Desa, sukses diraih oleh Desa Kaiyasa, Kecamatan Oba Utara dengan nilai 442. Juara II, diraih oleh Desa Marekofo, Kecamatan Tidore Selatan, dengan nilai 436, dan Juara III diraih oleh Desa Woda, Kecamatan Oba dengan nilai 422.

Sementara untuk Juara I kategori lomba Kelurahan, berhasil diraih oleh Kelurahan Rum Balibunga, Kecamatan Tidore Utara, dengan nilai 393. Menyusul Kelurahan Doyado, Kecamatan Tidore Timur sebagai juara II dengan nilai 366, dan Juara III, diarih oleh Kelurahan Tuguwaji, Kecamatan Tidore, dengan nilai 363.

====
Penulis : Aidar Salasa.
Editor    : Rustam Gawa.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini