Gempabumi Magnitudo 5,7 Guncang Kota Ternate

Sebarkan:
Ilustrasi gempabumi (istimewa)
TERNATE - Gempabumi berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang wilayah Kota Ternate, Maluku Utara, Minggu, 13 Februari 2022 pukul 17.21 WIT.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempabumi ini terletak pada koordinat 0,97° LU ; 126,22° BT, atau berlokasi di laut pada jarak 129 km Barat Laut Ternate di kedalaman 36 km. Gempa ini tidak berpotensi Tsunami.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat deformasi pada lempeng laut Maluku," ujar Kepala Stasiun Geofisika Ternate, Andri Wijaya Bidang di Ternate.

Menurutnya hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan geser naik (Oblique Thrust).

"Gempa ini berdampak dan dirasakan di daerah Ternate dengan skala intensitas II-III MMI atau Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu, dan daerah Bitung serta Manado dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," katanya.

Sementara itu warga masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Kami minta agar warga menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," pintanya.* (red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini