Pemkot Tidore, PT Sanatova Anugerah, dan Masyarakat Desa Akesai, Gelar Pertemuan

Sebarkan:
Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, PT Sanatova Anugerah, bersama masyarakat Desa Akesai, Kecamatan Oba Tengah, saat menggelar pertemuan (Aidar)
TIDORE - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, PT Sanatova Anugerah, bersama masyarakat Desa Akesai, Kecamatan Oba Tengah, menggelar pertemuan, yang diberlangsung di Aula Kantor Desa Akesai, Sabtu, 20 Agustus 2022. 

Pertemuan ini terkait dilema masyarakat tentang kehadiran perusahaan emas PT Sanatova Anugerah. Pertemuan tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Tidore, Muhammad Sinen, pihak PT. Sanatova Anugerah, Ketua DPRD Tidore, Ahmad Ishak, para Pimpinan OPD, Camat Oba Tengah, dan masyarakat Desa Akesai. 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen mengatakan, jika kehadiran PT Sanatova tersebut kemudian hari merugikan masyarakat lingkar tambang, maka harus dihentikan, itu karena kata Dia,  kehadiran suatu perusahaan di Daerah harus melihat dua aspek, yakni mudarat dan manfaatnya pada masyarakat. 

"Jika mudaratnya lebih besar dan manfaatnya sangat kecil untuk masyarakat, maka saya langsung menolaknya," ujarnya. 

"Namun kalau kehadiran PT Sanatova  membawa manfaat untuk masyarakat kedepan, maka kami pemerintah Daerah sangat mendukung demi kepentingan banyak orang," sambungnya. 

Pria yang akrab disapa Ayah Erik ini menegaskan, jika nanti perusahaan tersebut sudah beroperasi, maka hal-hal terkait dengan teknis rekrutmen tenaga kerja harus diperuntukan bagi masyarakat lingkar tambang dan masyarakat Kota Tidore pada umumnya. 

"JIka perusahaan ini beroperasi, maka saya minta kepada pihak PT Sanatova agar rekrutmen tenaga kerja harus orang Tidore atau masyarakat lingkar tambang dulu, baru rekrutmen untuk masyarakat luar Maluku Utara," tegasnya. 


"Kemudian keputusan pada hari ini harus memberikan manfaat untuk masyarakat Desa Akesai kedepan. Saya tidak mau merugikan masyarakat, karena semua ini menginginkan yang terbaik buat masyarakat kedepani," tambah Muhammad Sinen. 

Sementara, Perwakilan PT Sanatova Anugrah, Hariyono, mengatakan bahwa kehadiran PT Sanatova  di oba tengah tersebut sudah hampir 12 tahun. 

"Kehadiran kami sudah sekitar 12 Tahun di Kota Tidore khususnya di Kecamatan Oba tengah ini, kami melakukan ekplorasi dan  jika kedepan nanti ada emasnya, maka kami akan membuka begitu banyak peluang tenaga kerja di masyarakat lingkar tambang maupun masyarakat Kota Tidore Kepulauan umumnya," Kata Hariyono. 

Hariyono mengaku, pihaknya juga meminta dukungan masyarakat Kota Tidore khususnya Desa Akesai untuk bergandeng tangan demi membangun Kota Tidore melalui kehadiran PT. Sanatova. 

"Karena masih kurang lebih 38 tahun lagi PT. Sanatova ini akan beroperasi di Tidore, berapa ribu tenaga kerja yang nantinya akan kami rekrutmen ketika masyarakat mau membuka diri dan bersama-sama dengan kami untuk menerima kehadiran PT Sanatova ini, dengan harapan tidak lagi masalah dikemudian hari," harap Hariyono.

Perlu diketahui, dalam pertemuanitu  menghasilkan sebuah kesepakatan bersama antara PT Sanatova Anugerah dengan pemilik menuju lokasi eksplorasi tambang emas di Desa Akesai, bahwa tanah milik masyarakat akan dibayar Rp 30 ribu per meter, namun jika lahan tersebut terdapat tanaman, maka PT Sanatova akan membayar tanah dan tanaman yang dimiliki masyarakat tersebut. *

Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Redaksi
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini