Mulai Besok DPC PDI-P Kota Tidore Buka Pendaftaran Penjaringan Bacaleg 2024

Sebarkan:
Konferensi pers pendaftaran penjaringan Bacaleg 2024 oleh DPC PDI-Perjuang Kota Tidore (Kamera/Aidar)
KAMERA, Tidore - Dewan Pimpinan Cabang atau DPC PDI-Perjuangan Kota Tidore Kepulauan resmi membuka pendaftaran penjaringan bakal Calon Legislatif alias Bacaleg tahun 2024.

Hal tersebut berdasarkan surat keputusan DPP PDI-Perjuangan nomor: 25A tahun 2018 tentang rekrutmen dan seleksi calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten Kota.

"Pembukaan penjaringan Bacaleg itu dimulai Selasa besok sampai dengan 19 September," ujar Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Tidore, Ahmad Ishak, melaui konferensi pers yang digelar di Kantor DPC PDI-P Tidore, Senin 12 September 2022.

Dengan demikian, kata dia, kesempatan untuk putra-putri terbaik Maluku Utara, khususnya Kota Tidore, yang ingin mencalonkan diri sebagai anggota legislatif telah terbuka lebar.

"Dalam penjaringan ini kami berpedoman pada peraturan partai atau sesuai dengan arahan dari DPP," katanya.

Ahmad bilang,  pendaftaran tersebut berlangsung di kantor DPC Partai PDI-Perjuangan Kota Tidore Kepulauan. Setelah itu, sambungnya, para peserta yang telah mendaftar itu diferivikasi oleh tim yang dibentuk oleh DPC.

"Kemudian hasilnya diusulkan ke DPP.  Selanjutnya bakal calon yang memenuhi syarat untuk maju pada pemilihan umum  2024 akan mengikuti tes psikologi yang di lakukan oleh DPP PDI-Perjuangan," ucapnya.

Ketua DPRD Kota Tidore itu bilang,
kuota yang  disiapkan untuk calon Kabupaten Kota seperti Tidore, DPC berkewajiban menjaring sekurang-kurangnya 100 persen dari kuota yang ada di wilayah tersebut.

"Jadi untuk kuota DPRD Tidore diusulkan sebanyak 25 orang sesuai dengan jumlah kursi yang ada," ucapnya.

Sementara untuk Provinsi, DPC juga berhak menjaring sebanyak 30 persen dari kuota yang ada. Sedangkan DPR RI hanyalah satu orang.

"Untuk Provinsi kami mengusulkan tiga orang," tandasnya sembari menyebut PDI-P menargetkan kursi di parlemen sebanyak 16 kursi dari total 25 pada momentum politik 2024 mendatang.

====
Penulis : Aidar salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini