Kodim 1508/Tobelo Gelar Sukuran Peringati HUT TNI Ke-77 Tahun

Sebarkan:
Dandim 1508/ Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait saat menyalurkan santunan. (Kamera/Rustam)
KAMERA TOBELO - Kodim 1508 Tobelo menggelar syukuran dalam rangka memperingati HUT TNI ke 77 tahun. Kagiatan ini disertai dengan pemberian santunan kepada Veteran, Warakawuri, dan anak-anak yatim.

Penyaluran santunan itu berlangsung  di aula Kodim 1508/Tobelo, di jalan kawasan Pemerintahan Desa MKCM, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Rabu, 5 Oktober 2022.

Acara ini dihadiri Bupati Halut Ir. Frans Manery, Ketua DPRD Halut Janlis Gehenua Kitong, Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait,S.E, Kapolres Halut AKBP Tri Okta Hendri Yanto,S.IK,M.H, Kajari Halut di wakili Bapak Prasetyo SH Kasi Pidum Kajari Halu ), dan para pimpinan OPD Pemkab Halut.

Selain itu hadir juga, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf.Rusmin Nuryadin, Wakapoles Halut Kompol Alwan Aufat, para Perwira Kodim 1508/Tobelo, para Perwira Polres Halut, Danki Kotis Yonarhanud 3/YBY Lettu Arh Asep Hendi, personel Ba/Ta Makodim 1508/Tobelo serta Koramil jajaran, Ketua Pepabri Halut Yusuf Romera, Ketua Persit KCK Cabang XXXI Dim 1508/Tobelo Ny. Eka Kristia Ningrum serta pengurus dan anggota Persit, para pimpinan Lembaga Vertikal, para awak media, Tomas, Toga, Toda, Todat, Veteran, masyarakat, mahasiswa, dan pelajar.

Dandim 1508/ Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait dalam sambutannya mengatakan, meski acara syukuran yang dilaksanakan secara sederhana, namun mempunyai makna yang mendalam  atau merupakan kebahagiaan TNI dan kebahagiaan dari masyarakat yang ada diwilayah Kodim 1508/Tobelo.

"Sesuai amanat dari bapak Kasad  bahwa beliau menyampaikan TNI harus hadir ditengah kesulitan masyarakat dan harus menjadi solusi. Ini merupakan amanah yang sangat sulit kami laksanakan dan kami yakin dan percaya dengan dukungan dari semua pihak mudah-mudahan kami bisa membantu kesulitan masyarakat dan mencari solusi dalam mendukung Pemerintah di Halut dan tetap eksis dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah ini," ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini Kodim 1508/Tobelo memiliki 7 Koramil yang tersebar di wilayah Halmahera Utara dan Pulau Morotai yang menjadi yang tugas dan tanggung jawabyangnya.

"Di wilayah Halut dan Morotai, terdapat 15 pos Satgas, mungkin di Halmahera mempunyai eskalasi yang tinggi dan dinamika perkembangan daerah ini sehingga harus didukung dengan harapan dari sama-sama menjaga wilayah daerah Halut agar tetap kondusif," katanya.

"Selain itu tugas kami yakni Kodim 1508/Tobelo membantu Pemerintah menciptakan stabilitas di daerah agar tetap kondusif, sehingga adanya saling pengertian untuk tetap menjaga wilayah ini agar roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik dan lancar serta membeck up pihak kepolisian agar tetap sinergi menjaga wilayah ini," sambungnya.
Kehadiran TNI menurut Dandim, untuk melaksanakan tugas kemanusiaan ditengah masyarakat seperti membantu meringankan beban masyarakat sesuai kemampuan yang dimiliki serta menjaga stabilitas.

"Mari kita bersatu bergandengan tangan dengan semua stackholder bahwa semua lapisan masyarakat, kita yakin dengan bersatu tidak ada yang bisa menggoyang kita agar terwujud Halut yang maju dan sejahtera," cetusnya.
Dandim 1508/ Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait dan Bupati Halut Ir. Frans Manery. (Kamera/Rustam)
Sementara itu, Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manery dalam sambutannya mengatakan, HUT TNI ke 77 dengan tema "TNI Adalah Kita" mempunyai makna yang sangat luas. Diman pada zaman dahulu terjadi revormasi sehingga kepolisian harus keluar dan tugas teritorial tetap dijaga oleh TNI.

"Diharapkan adanya  kondisi yang aman pada daerah ini terkendali dibawah pemerintahan kami dalam penempatan pasukan ada wilayah ini karena potensi kerawanan itu sangat tinggi, tetap dengan banyaknya pasukan TNI itu menandakan adanya kecintaan masyarakat terhadap TNI, masyarakat butuh TNI tapi dengan kepedulian Pemerintah bahwa daerah dan Pemerintah tetap konsen agar kita tetap satu,” pungkasnya.*

====
Penulis : Rustam Gawa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini