Pulau Morotai Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 4,9, Begini Imbauan BMKG

Sebarkan:
Pulau Morotai (foto: Jababeka Morotai)
KAMERA MOROTAI - Gempa bumi tektonik magnitudo 4,9 kembali mengguncang wilayah Kabupaten Pulau Morotai pada Minggu malam, 23 Oktober 2022, pukul 11:15 WIT.

Episenter Gempa bumi ini terletak pada koordinat 2.69 LU dan 128.43 BT, atau tepatnya berlokasi 73 km Timur Laut Daruba pada kedalaman 216 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, Gempa bumi yang terjadi ini merupakan jenis gempa kedalaman menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Laut Maluku," ujar Kepala Stasiun Geofisika Ternate,
Andri Wijaya Bidang, di Ternate.

Dampak gempabumi

Berdasarkan laporan masyarakat, kata Andri, Gempa bumi ini dirasakan di Morotai Utara dengan intensitas III MMI atau seperti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Juga terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

"Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan Gempa bumi tersebut," katanya.

"Hingga  pukul 12:22:00 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," sambungnya.

Kepada masyarakat di wilayah Morotai dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.*

====
Penulis : Arfles Rajalahu
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini