Sambut Hari Jadi ke 72, IDI Kepulauan Sula Gelar Pengobatan Gratis di Malbufa

Sebarkan:
Pengobatan gratis. (Kamera/Suhardi)
KAMERA SANANA - Menyambut hari jadi ke 72, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kepulauan Sula menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis untuk warga di Desa Malbufa, Kecamatan Sanana Utara, Minggu, 23 Oktober 2022.

Pengobatan gratis itu dengan tajuk "Berbakti Untuk Negeri, Mengabdi Untuk Rakyat". Warga Desa Malbufa terlihat begitu antusias dengan kegiatan ini hingga memadati tempat yang tersesia. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 178 warga.

Ketua IDI Cabang Kepulauan Sula, dr. Ivan Sangadji menjelaskan, kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini tujuannya untuk mempermudahkan masyarakat, terutama bagi masyarakat di desa terisolasi atau terpencil.

"Jadi pengobatan gratis ini akan berkesinambungan, tujuannya untuk masyarakat di desa terisolasi dan terpencil, supaya dorang mendapatkan akses pelayanan kesehatan dari dokter umum ataupun dokter spesialis itu mudah, dengan cara apa, torang yang jemput bola ke masyarakat dengan kegiatan-kegiatan seperti ini," jelas Ivan.

Ia bilang, penyambutan ulang tahu IDI ini ada serangkaian kegiatan yang akan dilakukan. Dimana kata dia, pengobatan gratis dan donor darah dokter.

"Kegiatan donor darah dokter ini, jadi dokter yang ada di Kepulauan Sula akan melakukan donor darah, dan akan dilakukan di rumah sakit Sanana," ungkapnya.

Tak hanya Malbufa, Ivan juga mengaku, pihaknya akan melaksanakan kegiatan seperti ini desa lain yang ada di Pulau Mangole.

"Hari ini di Desa Malbufa, selanjutnya kegiatannya berputar ke desa lain di pulau sabla (Pulau Mangole). Jadi kita agendakan bulan depan atau desember mungkin torang mulai berangkat," sebut Ivan.

Kendati demikian, ia berkeinginan, meski kegiatan pengobatan gratis ini di pusatkan di Desa Malbufa, namun desa-desa lain juga bisa mengikutinya.

"Misalkan kegiatan ini di Desa Malbufa, ya desa-desa lain seperti Fokalik dan Wainin bisa kesini, kalau ingin mau dapat layanan kesehatan, itu harapan kami," pungkasnya.

====
Penulis : Suhardi Umagapi
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini