Cabor Taekwondo di Halbar Semakin Berkembang

Sebarkan:
Atlet STBFC saat berlatih. (Kamera/Arfles)
KAMERA HALBAR Sasadu Taekwondo Best Fighter Club atau STBFC Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, terus berbenah.

Sejak di dirikannya pada 2013, cabang Olahrga bela diri ini saat ini sudah berkembang pesat di Halmahera Barat (Halbar).

"Untuk olahraga Taekwondo di Halbar khususnya perkembangannya sangat luar biasa," ujar Sabam Advon, pelatih STBFC saat disambangi Kabarhalmahera.com, Selasa, 1 November 2022.

Advon bilang, saat ini STBFC telah memiliki dua tempat latihan khusus, yakni di desa Acango dan Guemaadu, Kecamatan Jailolo.

Sementara untuk actionnya, kata Advon, atlet STBFC sudah beberapa kali mengikuti ivent ditingkat daerah bahkan nasional.

"Puji Tuhan, semua ivent diluar daerah yang dilaksanakan, atlet yang kita ikut sertakan itu berjalan sangat baik. Medali yang diraih, sehingga Taekwondo semakin di kenal (di Halbar)," ucapnya.

Ia mengemukakan, saat ini STBFC diajak Polri untuk latihan bersama di pekan depan.

"Minggu kemarin, saya dihubungi oleh salah satu anggota Polri. Mereka ingin bergabung dalam pelatihan taekwondo ini, kayanya mereka pemula artinya mereka butuh pelatih yang bisa membimbing atau pimpin dorang (Polri) di minggu depan," terang Advon.

Advon juga mengaku, sebelumnya pemerintah daerah pada kurung waktu 2014-2016 Cabang Olahraga atau Cabor Taekwondo sempat tidak lagi diperhatikan pemda Halmahera Barat.

"Beberapa tahun berakhir ada beberapa perombakan yang di ikuti tampa campur tangan pemda. Hingga kami membiayai para atlet dengan finansial sendiri," katanya.

"Namun dua tahun berakhir ini pemerintah mulai memperhatikan karena melihat bahwa Cabor Taekwondo ini banyak yang berminat," sambungnya.

Advon juga meminta pemerintah Halbar lebih memperhatikan Olahraga taekwondo. Itu karena kata dia, pihaknya sangat membutuhkan pengertian dari pemerintah.

"Banyak desa yang minta agar buka diberbagai tempat, tapi fasilitas serta tenaga kita yang kurang. Ya, setelah mengikuti porprov pekan lalu, semoga pemda bisa memahami dan memfasilitasi di kompetisi berikut. Apalagi proposal yang kita ajukan mulai dari anggaran dan matras untuk latihan. Dan taekwondo semakin besar serta banyak menghasilkan generasi yang unggul, itu harapan kami," tandasnya.

====
Penulis : Arfles Rajalahu
Editor    : Rustam Gawa


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini