Sampah di Desa Saria Masih Dibuang ke Laut, Kades Janji Surati Pemda Halbar

Sebarkan:
Kades Saria, Atman Hasan. (Istimewa)
KAMERA JAILOLO - Kepala Desa atau Kades Saria, Kecamatan Jailolo, Atman Hasan, berjanji akan menyurati Dinas Lingkungan Hidup dan Perumahan Pemukiman Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) terkait penanganan sampah.

Pasalnya, warga di Desa Saria masih menjadikan laut sebagai tempat pembuangan sampah. Itu dilakukan warga karena tidak tersedianya tempat sampah.

"Secepatnya saya akan menyurat ke dinas terkait, dalam minggu ini. Muda-mudahan dorang realisasi," ujar Kades Saria, Atman Hasan kepada Kabarhalmahera.com saat dihubungi via telfon, Rabu, 23 November 2022.

Atman mengaku, sebelumnya
Pemdes Saria sudah pernah berkomunikasi dengan DLH terkait penyediaan tempat penampungan sampah di wilayah pesirir, khususnya Desa Saria. Namun hal itu tidak ditindaklajuti hingga saat ini.

"Torang pernah komunikasi pada kepala bidang terkait. Pertama, polemik lingkungannya (misalnya hari-hari besar kemudian membersihkan lingkungan) itu di bidang kebersihan. Kedua, di DLH yang dulu juga pernah kami sambangi agar di daerah pesisir ada tempat penampungan sampah," katanya.

Sementara itu, Kabid Muhammad Sifran Halbar yang dikonfirmasi pada Selasa,(22/22) kemarin mengaku persoalan sampah di Desa Saria sampai saat ini belum di cover oleh Pemda. Itu karena, kata dia, belum ada surat dari desa setempat yang masuk ke DLH-Perkim.

"Kalau untuk Pabos itu kami layani, kalau untuk Desa Saria belum, karena pemdes Desa Saria belum masukan surat ke kami Dinas LDH - Perkim," ujar Sirfan.

====
Penulis : Arfles Rajalahu
Editor    : Rustam Gawa



Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini