Haji Robert dan Petinggi di Malut Hadiri Acara Gosowong Bersyukur

Sebarkan:
Haji Robert bersama petinggi di Maluku Utara saat menghadiri acara Gosowong Bersyukur. (Kamera/Rustam)
KAMERA TOBELO - 2 Februari 2023 merupakan memuntum istimewa bagi PT Nusa Halmahera Minerals (NHM). Hal itu diwujudkan dalam perayakan Gosowong Bersyukur.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Direktur (Presdir) PT NHM) Haji Robert Nitiyudo Wachjo, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Kapolda Maluku Utara, Danrem 152/Babullah, Bupati Halut, Ketua DPRD Halut, unsur Forkopimda lainnya serta para petinggi PT Antam dan juga jajaran Direksi dan Management PT NHM dan para karyawan, serta para camat, Kepala Desa dan juga tokoh adat di lingkar tambang ini, menyuguhkan tarian cakalele sebagai bentuk pelestarian budaya di Maluku Utara.

Presdir PTNHM Haji Robert Nitiyudo Wachjo dalam kegiatan itu menyebutkan bahwa  keberhasilan PT NHM, merupakan keterlibatan semua karyawan yang telah bekerja selama ini. Sehingga setelah selesainya masa kepemilikan saham new creast dan diambil alih, telah banyak perubahan yang dilakukan selama kurang lebih 3 tahun ini.

Presdir PT NHM juga menuturkan bahwa sejak dalam keinginannya untuk mengambil alih PT NHM sebelumnya, sangat mendapatkan respon yang baik baik dari Gubernur Malut dan Bupati Halut.

"Saya melihat Gubernur juga memberikan  respon sangat baik. Dan banyak hal yang telah dilakukan  juga mendapatkan dukungan dari para karyawan sehingga dapat berjalan hingga saat ini," ujar Haji Robert.

Ia menjelaskan, sebelum berakhirnya masa kontrak yang dilakukan PTNHM dibawah kepemimpinannya itu, telah melakukan upaya untuk mencari deposit mineral yang baru yang telah berjalan kurang lebih 3 tahun. Selain itu, dalam progres pelaksanaan pekerjaan pengeboran juga telah dilihat langsung salah satu ahli pertambangan yang bekerja di salah satu pertambangan terbesar dunia yang menyebutkan juga bahwa deposit mineral yang ada di PT NHM sangatlah luar biasa dan masih akan bertahan hingga 20 tahun kedepan untuk dikelola. 

"Sejak melakukan pengeboran mencari deposit mineral yang baru, banyak hal telah dilewati terkait dengan suka duka. Dimana dalam 2 tahun pengeboran sendiri, meski telah dilakukan pengeboran namun tak kunjung ditemukan deposit mineral secara khusus emas. Tetapi kemudian dalam upaya dan tekad serta dilakukan hati yang benar-benar bersih oleh orang yang supecayakan yakni bapak Muchlis dan rekan-rekan kemudian didapati deposit mineral yang sangat banyak  yang dapat terus dihasilkan hingga 20 tahun kedepannya," pungkasnya.


Dirinya juga menambahkan, sejak mengambil saham PT NHM berbagai macam tantangan yang dihadapkan salah satunya ialah Covid-19, namun semuanya dapat dilewati dengan kerja doa, semangat yang terus dilakukan sehingga PTNHM di tahun 2020 saat itu masih mampu meraih keuntungan yang fantastis.

"Begitu banyak cobaan yang Allah berikan, namun semua itu bisa terlewati dengan baik, karena sesungguhnya orang yang sabar dan dekat dengan Allah, In Sya Allah semua berjalan dengan baik, Allahuakbar, saya juga berterima kasih terhadap dokter yang sudah bersama saya dalam menyelamatkan nyawa karyawan saat itu," kata Haji Robert.

Pihaknya menegaskan,  PT NHM masih akan terus menambang dengan hati dan tetap menyentuh hingga ke seluruh masyarakat yang berada di lingkar tambang hingga terus membuka peluang kerja yang besar untuk masyarakat.

"Di wilayah lingkar tambang dan Maluku Utara pada umumnya, PTNHM telah berbuat banyak dan akan terus memberikan pertolongan terhadap masyarakat kurang mampu yang membutuhkan uluran tangan. Saya selaku pemilik PT NHM akan tetap menyayangi masyarakat terutama memberikan pelayanan terbaik, baik itu pelayanan orang sakit dan juga melakukan bedah rumah bagi keluarga kurang mampu," ucapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Bupati Halmahera Utara, Ir Frans Manery dalam sambutannya menyebutkan bahwa Pemda Halut memberikan apresiasi karena hari kedua di bulan berjalan tahun 2023 pemerintah daerah bersama keluarga besar PT NHM telah melaksanakan kegiatan Gosowong Bersyukur.

Orang nomor satu di Pemkab Halut ini juga menuturkan, rasa syukur dan doa terus dilakukan untuk kesejahteraan NHM dan masyarakat, apalagi dengan terus dilakukan operasional untuk pengelolaan emas di Gosowong. Ia juga menyebutkan, Halut memiliki 196 Desa yang tersebar pada 17 Kecamatan, yang dihuni 201 ribu jiwa.

"Halut cukup aman dan kondusifitas dan NHM berada di bagian selatan Halut. Perusahan ini sudah bergerak 20 tahun lebih, dan hari ini ada deposit emas yang cukup besar. Ini bisa terjadi karena anugerah dari Tuhan. Untuk itu selaku pimpinan di daerah saya imbau terutama khusus di 5 kecamatan untuk menjaga perusahan PT NHM, karena  PTNHM adalah aset kita semua," kata Frans.

Sementara itu, Gubernur Maluku Utara, Hi Abdul Gani Kasuba memberikan apresiasi yang besar terhadap PTNHM dibawah kepemimpinan Haji Robert, karena dengan begitu yakin untuk terus berinvestasi di Gosowong PT NHM meski telah disampaikan pihak New Creast bahwa emas di Gosowong telah habis dan tidak ada deposit mineral didalamnya. Namun dengan keyakinan Haji Robert kemudian tetap berupaya melanjutkan investasi dengan membeli saham tersebut.

"Ini merupakan sebuah langkah yang berani yang dilakukan Haji Robert, sehingga lewat upaya dan kerja yang dilakukan dengan hati, sehingga ditemukan deposit mineral yang sangat baik dan akan bertahan hingga 20 tahun kedepannya. Semoga apa yang dilakukan terus memberikan hasil yang besar dan terus memberikan dampak demi dan untuk kesejahteraan masyarakat." tandasnya.

====
Penulis : Tim
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini