Aplikasi DIGALI DESA bakal Hadir di Tidore, Kinerja Pemdes Terpantau Langsung Oleh Warga

Sebarkan:
Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa, Iswan Salim, S.Sos, M.Si, penggagas aplikasi DIGALI DESA. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Aplikasi penilaian kinerja Desa berbasis digital bakal hadir di Kota Tidore Kepulauan Maluku Utara.

Aplikasi yang diberi nama DIGALI DESA itu bertujuan memaksimalkan kualitas pelayanan Pemerintah Desa (Pemdes), serta mendorong peningkatan capaian kinerja pemerintah desa di Kota Tidore.

Lahirnya aplikasi tersebut merupakan  inovasi yang digagas melalui Aksi Perubahan Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa, Iswan Salim, S.Sos, M.Si. Saat ini ia sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator pada Pusat Pengembangan SDM Kementerian Dalam Negeri, Regional Makassar.

"Tema Aksi Perubahan ini adalah tentang Kinerja Pemerintah Desa. Dan ini bukan merupakan sebuah tema baru, tetapi ia menjadi topik yang menarik untuk dibahas di tengah hiruk-pikuk perbincangan publik tentang kinerja pemerintah desa dalam mewujudkan good governamant. Dan dialetika itulah aksi perubahan ini hadir," ujar Iswan, saat kepada awak media di ruang kerjanya, Selasa, 4 April 2023.

Ia menambahkan, aksi perubahan ini telah mendapat persetujuan dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Tidore Kepulauan, selaku mentor dan dukungan dari seluruh Kepala Desa di Kota Tidore Kepulauan.

"Lahirnya Inovasi ini dilatarbelakangi dari Kondisi penyelenggaraan pemerintahan desa di Kota Tidore Kepulauan, yang saat ini belum sepenuhnya menggambarkan dan memberikan informasi atas capaian kinerja desa yang berorientasi hasil (Outcome)," katanya.

Selain itu, kata dia, Dinas Pemberdayaan dan Desa dalam pelaksanaan pembinaan, pengendalian dan evaluasi kinerja pemerintah desa itu, belum dapat memberikan kontribusi yang berarti terhadap peningkatan dan perbaikan kinerja pemerintah desa.

"Juga pelaksanaan evaluasi/penilaian kinerja yang dilakukan selama ini masih secara manual dan hanya sebatas outpout serta penyerapan anggaran," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kota Tidore, Abd. Rasyid AW Umar, berharap, melalui Inovasi yang di Gagas Iswan Salim itu,  dapat meberikan manfaat dan kontribusi nyata terhadap peningkatan dan perbaikan kinerja Desa.

"Selain itu Inovasi DIGALI DESA yang berbasis Digital ini akan menciptakan efisiensi anggaran yang cukup besar terhadap pelaksanaan evaluasi kinerja desa," tandasnya.

Untuk diketahui, Aplikasi DIGALI DESA ini juga akan menyediakan data kinerja seluruh desa bagi stakeholder yang berkepentingan. Selain itu, melalui aplikasi ini masyarakat juga dapat mengetahui secara langsung terkait capaian kinerja Pemerintah Desanya. Karena itu hal ini dapat meningkatkan peran aktif masyarakat untuk turut mengawasai penyelenggaraan pemerintahan Desa di Kota Tidore Kepulauan. *

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini