Dukung SDM, Wali Kota Tikep Capt. Ali Ibrahim Launching 33 Aksi Perubahan

Sebarkan:
Wali Kota Tidore Capt. Ali Ibrahim saat melaunching 33 program aksi perubahan. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Wali Kota Tidore Kepulauan,(Tikep) Maluku Utara, Capt,H.Ali Ibrahim melaunching 33 aksi perubahan dalam rangka mendukung Sumber Daya Manusia,(SDM) di daerah tersebut.

33 aksi perubahan tersebut, merupakan hasil dari para 33 ASN dilingkup Pemerintah Kota Tikep yang mengikuti diklat kepemimpinan (PIM) Administrator angkatan I Tahun 2023 utusan Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan.

Kegiatan itu berlangsung di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan. Rabu, 3 Mei 2023.

Launching 33 aksi perubahan ini juga dihadiri para Asisten Sekda, Staf Ahli Walikota, Pimpinan OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa dan Insan Pers.launching tersebut juga ditandai dengan pemukulan tiva Oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan Ny. Safia Ali Ibrahim, perwakilan PPSDM Regional Makasar Ir Kaharuddin Sarjono, para pembimbing PKA, Dr. Dinarwati CH, SE, MM dan DR Muhammad Nur Udpa.

Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim mengatakan, tuntutan penyelenggaraan pemerintahan yang profesional, akuntabel dan transparan menjadi salah satu isu penting yang harus dijawab oleh pemerintah daerah saat ini.

"Kualitas layanan publik melalui layanan birokrasi, harus semakin ditingkatkan, seiring dengan gerak kemajuan zaman yang kian cepat, sehingga penting bagi Pemerintah Daerah untuk menemukan inovasi-inovasi terbaru untuk,meningkatkan performa kinerja organisasi," ujarnya.

Ia bilang, Pemerintah Kota Tidore menyadari pentingnya mendorong inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan sebagai wujud komitmen dan konsistensi dalam meningkatkan kualitas layanan public, namun demikian, tantangan yang dihadapi saat ini adalah bukan saja kemauan untuk melakukan perubahan, tetapi yang lebih penting adalah ketahanan untuk tetap konsisten melakukan perubahan kearah yang lebih baik.

"Disisi lain, kami tetap berupaya untuk terus memperkuat kualitas sumber daya aparatur, melalui pengalokasian anggaran dibidang pengembangan sumber daya manusia, agar tercipta daya saing daerah yang lebih optimal, dengan inovasi, pemerintah daerah dapat menjangkau pelayanan masyarakat pada seluruh aspek, sekaligus membangun kepercayaan publik terhadap keberadaan pemerintah," pungkasnya.

Orang nomor satu di kota Tidore Kepulauan ini juga memaparkan, 33 ASN yang mengikuti PIM III nantinya dapat memberikan inovasi dengan aksi perubahan yang dilakukan. Sehingga, dapat membawa perubahan di Pemerintah Kota Tidore atau daerah tersebut.

"Intinya adalah, bagaimana untuk melakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga masyarakat Kota Tidore dapat merasakan pelayanan yang baik dan maksimal," tukas Ali.

Dalam kesempatan itu, Kepala PPSDM Regional Makasar yang diwakili Ir Kaharuddin Sarjono menyampaikan, jajaran PPSDM Regional Makasar berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Kota Tidore yang telah mengirimkan 33 ASN untuk mengikuti diklat kepemimpinan itu.

"Semoga kerjasama ini terus dilaksanakan dan kedepan nanti pemerintah Kota Tidore terus mengembangkan SDM aparatur sipilnya untuk kemajuan Kota Tidore," imbuhnya.

Kaharuddin menambahkan, Kota Tidore merupakan salah satu kota yang masuk kategori Kota Inovasi di Tahun 2023, sehingga diharapkan dengan aksi perubahan yang dilakukan oleh 33 ASN lingkup Pemda Kota Tidore, di Tahun 2024 kata ia bahwa, Kota Tidore bisa mendapatkan predikat sangat inovasi.

"Saya telah menantang 33 peserta PIM III ini untuk hasil dari aksi perubahan ini Kota Tidore bisa mendapatkan predikat sangat inovasi di Tahun 2024, karena peserta dari Kota Tidore ini mereka semua sangat luar biasa," tuturnya.

Sementara itu, Perwakilan Peserta PKA yang disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Tidore Zulkifli Ohorella mengatakan, tujuan dari launching ini untuk melengkapi salah satu tahapan dalam implementasi aksi perubahan sekaligus memperkenalkan produk inovasi yang digagas oleh 33 peserta pelatihan kepemimpinan administrator utusan pemerintah Daerah Kota Tidore.

"Dengan harapan perubahan aksi ini dapat membantu pemerintah Daerah dalam meningkatkan kinerja dan performa perangkat Daerah." tandasnya.*

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini