Kembangkan SDM, Gekraf Gelar Literasi Keliling, Wawali Tidore Minta OPD Berperan Aktif

Sebarkan:
Wakil Wali Kota Tidore saat memberikan sambutan. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Gerakan Ekonomi Kreatif atau Gekraf Kota Tidore Kepulauan menyelenggarakan Literasi Keliling (Lilin) Gekraf.

Kegiatan yang berpusat di Taman Rum Balibunga, Kelurahan Rum Balibunga, Tidore Utara itu dalam rangka menghimpun dan mengembangkan potensi SDM yang dimiliki Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Tidore Kepulauan,

"Gekraf akan berkerjasama dengan komunitas-komunitas untuk mendorong potensi ekonomi kreatif yang ada di Kota Tidore Kepulauan," ujar Ketua Gekraf Tidore, Nurul Asnawia dalam acara tersebut, Minggu malam, 21 Mei 2023.

Wanita yang akrab disapa As ini mengatakan, pengembangan Ekonomi Kreatif yang menjadi perhatian Gekraf itu lebih kepada pengembangan Ide, gagasan dan kreatifitas Masyarakat, dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tujuannya agar dapat memperluas lapangan kerja serta menekan angka pengangguran.

Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen mengaku atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan sangat mendukung kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif yang menjadi program Gekraf, itu disebabkan Kota Tidore Kepulauan, juga memiliki potensi sumberdaya manusia yang tidak kalah hebat dengan kabupaten/kota lainnya di Maluku Utara.

"Kegiatan Gekraf ini sebagai wujud kepedulian untuk menghimpun anak-anak muda yang kreatif, dan Kota Tidore memiliki potensi itu, sehingga Gekraf hadir untuk mengasah kemampuan kreatifitas yang dimiliki anak-anak Muda," ujarnya.

Olehnya itu, Orang Nomor dua di Kota Tidore Kepulauan ini menegaskan kepada semua Pimpinan OPD agar dapat berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Gekraf, pasalnya Gekraf merupakan lembaga yang memiliki legalitas formal dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif mulai dari tingkat Nasional sampai ke Daerah.

"Sebagai Pemerintah harus hadir untuk memberikan solusi, sebab untuk membangun suatu daerah Pemerintah perlu melakukan kolaborasi dengan kelompok-kelompok stakeholder lainnya di Kota Tidore Kepulauan, dan Gekraf adalah satu dari kelompok tersebut," tuturnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Gekraf Tidore ini juga menampilkan berbagai tarian kreasi daerah yang dipersembahkan oleh sejumlah Sanggar dari berbagai Kelurahan yang ada di Kecamatan Tidore Utara, beserta musikalisasi Puisi. Sementara pada tanggal 16 Juni 2023 mendatang, akan dilakukan Festival Selawaring.*

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini