Sulap Pakai Dana Desa, Pantai Akebay Maitara Makin "Cantik"

Sebarkan:
Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen saat sambutan pada acara Literasi Digital yang diselenggarakan di Pantai Akebay, Minggu malam kemarin. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Pantai Akebay Desa Maitara Induk, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore saat ini bisa dijadikan sebagai tujuan utama berwisata.

Pasalnya, pantai yang sebelumnya menjadi tempat pembongkaran ikan bagi Nelayan setempat itu kini disulap menjadi spot wisata bahari yang mempesona.

Kepala Desa Maitara, Safrisal Ibrahim adalah pemimpin desa yang sukses membuat pantai tersebut menjadi indah. Pantai itu disulap menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) sejak tahun 2021. Dengan anggaran itu Safrisal juga membangun sarana dan prasarana sebagi bentuk dukungan atas fasilitas wisata pantai Akebay.

"Dulunya tempat ini hanya dijadikan tempat pembongkaran ikan bagi nelayan setelah mereka pulang memancing ikan, selain itu tempat ini dulunya penuh dengan bebatuan, namun karena ada penggusuran jalan lingkar Maitara, sehingga tanahnya dibuang ke sungai dan dibawa oleh banjir kemudian tertampung di lokasi ini, dari situ kami pemerintah Desa kemudian memanfaatkan lokasi ini sebagai tempat wisata," ungkap Safrisal saat berbincang dengan media ini di Pantai Wisata Akebay, Minggu malam, 15 Mei 2023.

Ia memaparkan, pada 2021 pihaknya mulai membangun setapak sebagai jalan masuk dan pembuatan MCK, karena saat itu, banyak Mahasiswa yang berkunjung dan melakukan kemping di pantai Akebay. Selanjutnya kata dia, di tahun 2022 Pemerintah Desa Maitara  melakukan penataan dengan membangun tembok penahan ombak. Dan di tahun 2023 ini Pemerintah Desa melanjutkan pembangunan Kantin yang dilengkapi dengan meja, kursi dan lampu hias.

"Semua pembangunan disini bersumber dari ADD dan DD, untuk dukungan dari Pemerintah Daerah Kota Tidore belum ada," tambahnya.

Pantai Akebay yang saat ini sudah banyak dikunjungi para wisatawan. Juga dilakukan berbagai Ivent oleh masyarakat setempat maupun komunitas dari luar pulau Maitara.
Safrisal berharap Pemerintah Daerah dapat membantu Pemerintah Desa Maitara untuk melengkapi kebutuhan yang ada, seperti pembangunan Cottage, Panggung Utama untuk pegelaran Ivent, Sound Sistem, Gazebo dan Penyediaan Listrik serta akses internet.

"Karena keterbatasan anggaran, dukungan dari Pemerintah Daerah sangat kami harapkan untuk menunjang pariwisata di Pantai Akebay," pintanya.

Ia menambahkan, Pantai Akebay ini sudah masuk dalam kategori 75 besar tingkat Nasional destinasi wisata yang terdaftar di Kementrian Pariwisata, dari 4.350 sekian Desa yang ada di Indonesia. Untuk itu, rencannya di tahun ini, Pemerintah Desa Maitara akan menambah pembangunan tempat pembilas di Pantai Akebay.

"Pantai Akebay saat ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Maitara, untuk kedepannya kami akan mengatur soal retribusi dengan menggunakan Peraturan Desa (Perdes) sebagai penunjang Pendapatan Asli Desa (PAD)," tandasnya.

Ketua Apdesi Kota Tidore, Muchlis Malagapi menambahkan, sektor pariwisata merupakan salah satu lokomotif perekonomian yang dapat menambah sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sebagai sebuah destinasi baru wisata bahari, maka kawasan Pantai Akebay memerlukan perhatian dan dukungan dari berbagai pihak untuk berkolaborasi memajukan dan mengembangkan Destinasi Wisata Pantai Akebay, sehingga berdampak terhadap pendapatan masyarakat dan pemerintah daerah itu sendiri.

"Pulau Maitara ini terdapat 4 Desa, Pulau ini telah menjadi Gerbang Wisata untuk Kota Tidore Kepulauan, sehingga perlu adanya dukungan dari Pemerintah Daerah guna pengembangan Pariwisata kedepannya," ujar Muchlis yang juga merupakan Kepala Desa Maitara tengah itu.

Dikesempatan yang sama, Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen dalam sambutannyan pada acara Literasi Digital yang diselenggarakan di Pantai Akebay, Minggu malam kemarin, mengaku atas nama Pemerinra Daerah mendukung penuh pengembangan pariwisata di Desa Maitara.

Bahkan sebagai orang yang terlahir di pulau Maitara, ia sangat merasa terharu dengan konsep pengembangan Pariwisata yang digagas oleh Kepala Desa Maitara, sehingga kedepannya apa yang menjadi kebutuhan masyaakat dalam hal pengembangan Pariwisata akan didukung oleh Pemerintah Daerah Kota Tidore.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini