Berlayar ke Papua, KM Moderen Putra Samudera Tenggelam di Laut Halmahera

Sebarkan:
Kapal RB 309 Ternate disiapkan melakukan operasi pencarian.
KAMERA HALSEL - KM. Moderen Putra Samudera tenggelam di perairan tanjung Liboba, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Minggu, 6 Agustus 2023.

Kapan jenis Tough Boat ini sebelumnya berlyar dari pelabuhan Weda, Halmahera Tengah menuju Sorong, Papua Barat.

Kapal ini ditumpangi 7 orang pemumpang dan bermutan alat berat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Kota Ternate Fathur Rahman mengatakan, informasi tenggelamnya KM. Moderen Putra Samudera itu diketahui setelah 4 orang penumpang di temukan terampung diatas Lovecraft di Tanjung Joronga, oleh warga Desa Kukupang.

"Para korban langsung di evakuasi ke Desa Kukupang. Informasi ini kami terima dari Kapolsek Saketa, Halmahera Selatan, seiktar pukul 11.45," ujar Fathur di Ternate, Minggu sore.

Ia mengungkapkan, menurut cerita korban kapal itu ditumpangi 7 orang. Dari jumlah itu 4 orang berhasil selamat.

"Sementara 3 orang kekan korban sampai saat ini belum diketahui keberadaannya," katanya.

Dengan begitu, Fathur bilang, pada pukul 12.05 WIT, tim SAR gabungan bergerak menuju LKP dengan menggunakan RB 309 Ternate untuk melakukan operasi pencarian.

"Unsur terlibat dalam operasi SAR Ternate adalah unit Siaga Halsel, TNI AL Bacan, Polairud Bacan, BPBD Halsel, Polsek Saketa dan masyarakat setempat," ucapnya.

Sebelumnya, menurut Fathur, pada Sabtu kemarin sekitar pukul 23.02 WIT Kansar Ternate menerima informasi adanya signal distres di koordinat 00°55.5' S / 128°27.7' E atau sekitar tanjung Liboba Halmahera Selatan.

"Kemudian Basarnas ternate berkoordinasi dengan unsur dan potensi di sekitar lokasi distress, dan diperoleh hasil bahwa tidak ada laporan terkait informasi kapal yang mengalami distress. Nanti pada 6 Agustus, sekitar  pukul 11.45 WIT, baru derima info dri Kapolsek Saketa,  bahwa Warga Desa kukupang menemukan 4 korban," tandasnya.

Hingga berita ini di publis Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian korban hilang. **

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini