Tak Lagi Beroperasi, DPRD Bakal Panggil Sejumlah Perusahaan di Halmahera Utara

Sebarkan:
Ketua DPRD Halmahera Utara, Janlis G Kitong. (Kamera/Rustam).
KAMERA TOBELO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, (DPRD) Halmahera Utara, dalam waktu dekat ini akan memanggil sejumlah perusahaan yang sampai saat ini tak lagi melakukan aktivitasi operasi.

"Kita sudah agendakan pemanggilan setiap perusahaan yang ada di Halut tapi belum juga beroperasi, nanti kita ingin mintai keterangan, apakah izinnya sudah kadaluarsa atau faktor lain," ujar Ketua DPRD Halut, Janlis G Kitong kepada wartawan. Jumat, 8 September 2023.

Dirinya juga menyebutkan, sejumlah perusahaan itu antara lain, PT Emerald Ferrochromium Industry, (EFI) yang berlokasi di desa Gulo, Kecamatan Kao Utara, dan PT Capitol Kasagro, (CSO) di Kecamatan Galela yang telah memberhentikan operasi.

"Jadi perusahaan-perusahaan ini sudah lama tidak ada kabar sama sekali, padahal sudah membangun kantor dan melakukan pembebasan lahan masyarakat," sebutnya.

Politisi partai Demokrat ini juga menegaskan, pihaknya juga akan memanggil perusahaan pertambangan galian C yang beroperasi di wilayah Halut tetapi tidak mengantongi izin operasi.

"Semua akan kita panggil, agar kita tahu apakah mereka melaksanakan kegiatan telah kantongi izin atau tidak," tegas Janlis.

Janlis berujar, didalam rapat nantinya akan melibatkan instansi terkait seperti kejaksaan dan pihak kepolisian.

"Kami akan rekomendasikan ke pihak berwajib jika ditemukan dugaan penyalahgunaan izin dan lainnya." cetusnya.

Pihaknya juga menambahkan, disisi lain, pemanggilan dilakukan sebagai upaya mendorong pendapatan daerah di sektor lain yang belum dimaksimalkan.

====
Penulis : Rustam Gawa.
Editor    : Rustam Gawa.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini