22 Kader Maluku Utara Ikuti Jambore Nasional di Jakarta

Sebarkan:
Foto bersama 22 Kader terbaik dari 10 Kabupaten Kota mengikuti Jambore Kader Nasional tahun 2023 di Jakarta. (Foto: Adi)
MALUT - Provinsi Maluku Utara mengirimkan 22 Kader terbaik dari 10 kabupaten/kota untuk mengikuti Jambore Kader Nasional tahun 2023 di Jakarta.

Jambore Kader Nasional ini dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan atau Kemenkes RI yang diselenggarakan sebagai puncak pembinaan teknis berupa ajang apresiasi bagi kader yang merupakan unjung tombak pelayanan kesehatan promotif preventif di Indonesia.

Jambore kader tingkat nasional yang dilaksanakn bulan November ini sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional atau HKN.

Adapaun tujuan dari kegiatan jamboree adalah, pertama, meningkatkan motivasi kader dan posyandu dalam melaksanakan pelayanan kesehatan Masyarakat. Kedua, memberikan apresiasi bagi kader dan posyandu berprestasi. Dan ketiga, meningkatkan kapasitas kader dan posyandu berprestasi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, dr. Idhar Sidi Umar, M. Kes saat memberikan arahan kepada para kader dan posyandu mengatakan,
dengan adanya terobosan pemerintah tentang Integrasi Layanan Primer atau ILP Posyandu memiliki peranan sangat penting untuk memperkuat pelayanan pelayanan kesehatan primer (Primery Health Care).

"Dengan adanya ILP ini, Kader posyandu dituntut untuk melakukan pelayanan secara terintegrasi kepada semua siklus kehidupan," ucapnya melalui rilis yang diterima, Sabtu (11/10/2023).

Dijelaskan, untuk mempercepat terwujudnya transformasi layanan primer di Posyandu, telah dirumuskan manajemen kader dan posyandu yang mencakup, pertama, paket layanan kesehatan promotif preventif di posyandu. Kedua, standar 25 keterampilan dasar kader dan tingkatan keterampilan purwa/madya/utama.

"Ketiga, pelatihan terakreditasi keterampilan dasar kader. Keempat, apresiasi kader dan posyandu berprestasi melalui jambore kader dan  kelima, pendataan dan pelatihan kader digital," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Idham menyampaikan terima kasih atas dukungan Dinas Kesehatan Kabupaten Kota, Puskesmas dan Kepala Desa dan lurah yang selama ini ikut berkontribusi dalam melakukan pembinaan kepada kader-kader posyandu di daerah.

Penulis: Mulyadi Ismail
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini