Kadis Pertanian Tidore Janji Perkuat Data Pertanian

Sebarkan:
Kadis Pertanian Kota Tidore Kepulauan Fauzi Robo. (Foto: Dar)
TIDORE  - Untuk mengejot hasil pertanian guna memenuhi kebutuhan masyarak Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kota Tidore Kepulauan Fauzi Robo yang baru dilantik dua Minggu yang lalu itu akan memperkuat data pertanian.

"Saya baru bertugas kurang lebih dua Minggu ini,dan selama dua Minggu ini saya mengidentifikasi kendala apa yang pada dinas ini, karena bagi saya bukan hanya soal administrasi, ada hal yang paling penting adalah ketersediaan data dan tata kelola data," ujar Kadis pertanian kota Tidore Fauzi Robo saat ditemui.

Fauzi mengatakan ketersediaan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan  menjadi sangat penting agar bisa mengukur apa yang telah dicapai saat ini, dan apa yang harus dilakukan nantinya melalui program program baik yang bersumber dari DAU dan DAK.

"Misalnya data terkait luas lahan, jumlah komoditi yang di tanam, sarana dan prasarana, pupuk, jumlah produksi dan lain-lain, katanya.

"Disamping itu dari data itu juga kita bisa mengatur Kalender tanam, sehingga mengindari produksi secara sporadis yang dapat mempengqruhi pendapatan petani, tetapi tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat. Hal yang penting saat ini juga memperkuat kinerja penyuluh dilapangan sehingga setiap saat dapat mengupdate informasi informasi dari petani," sambungnya.

Fauzi mengaku pasa beberapa hari lalu dirinya turun langsung ke lapangan atau di daratan Oba tepatnya di desa Kosa kecamatan Oba.

"Kedepannya kita juga mendorong petani untuk menanam bawang karena bawang yang ada ini banyak dari luar daerah. Setelah paskah pelantikan Kemarin saya turike desa trans Koli ada juga petani di Koli yang tanam bawang," pungkasnya.*

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini