KPU Tidore Gelar Monitoring di Oba Utara

Sebarkan:
KPU Tidore saat monitoring di wilayah Kecamatan Oba Utara. (Foto: Dar)
TIDORE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Devisi tehnis penyelenggara KPU Tidore  Abdulharis Doa didampingi PPK Oba Utara gelar melakukan monitoring di wilayah  Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan, Senin kemarin, 15 Januari 2024.

Monitoring yang dilaksanakan ini terkait dengan pengecekan kesiapan-kesiapan tahapan penginputan ke Aplikasi siakba dan kesiapan menjelang hari pemungutan suara pada 14 Februari

Ketua PPK Oba Utara Irfan Umar kepada waratawan media ini menyampaikan, Untuk kesiapan menuju pemilihan di tanggal 14 Februari atau pungut hitung nanti PPK Oba Utara sudah melaksanakan rekrutmen terkait dengan KPPS di tingkat Desa/Kelurahan dimana secara kolektif untuk oba utara untuk jumlah KPPS sebanyak 406 orang yang sudah di tetapkan KPU dan pada saat ini kita jugamelaksanakan monitoring terkait dengan bagmna kesiapan-kesiapan untuk pemenuhi administrasi dan kelengkapan-kelengkapan lain yang di input dalam sistem SIAKBA.

"Sehingga sejauh ini Alhamdulilah untuk Oba Utara kurang lebih 406 orang KPPS sudah mencapai 99 persen datanya sudah terinput di SIAKBA," ujar Irfan usai melakukan monitoring.

Irfan menambahkan, dalam kegiatan iru hanya ada satu Desa/Kelurahan yang belum tuntas. "Insyaallah pada hari ini juga kita akan tuntaskan berdasarkan arahan dari KPU Tidore. Hanya satu kelurahan saja yang belum tuntas  yaitu keluranhan Sofifi karena kendalanya berdasarkan hasil konfirmasi yang diterima itu karena Email yang bersangkutan yang bermasalah, tetapi tadi sudah di konfirmasikan ke KPU sehingga sudah ada pergantian Email dan Alahmdulilah sudah langkah-langka untuk membuat penyelesaian-penyelesaian terkait dengan Aplikasi SIAKBA itu sendiri," akuhnya

Disentil terkait jumlah TPS di Oba Utara, Irfan menuturkan, jumlah TPS sebanyak 58 TPS dan KPPS yang dibutuhkan saat ini  sebanyak 406 KPPS yang tersebar di 13 Desa/Kelurahan yang ada di kecamatan Oba Utara.

"Untuk KPPS di wilayah kecamatan Oba Utara ini sudah sangat siap 100 persen melaksanakan pungut hitung di tanggal 14 Februari 2024 nanti," tandasnya.

Sementara itu Komisioner KPU Kota Tidore yang mendampingi monitoring PPK Oba Utara mengatakan bahwa KPU melihat kesiapan PPK menjelang hari pemungutan suara pada 14 Februari. Itu untuk KPPS dimana saat ini sudah dalam tahapan penginputan ke Aplikasi Siakba sebelum pelantikan KPPS yang dijadwalkan pada 25 Januari.

"Kesiapan penyelenggara tingkat bawah di kota Tidore saat ini rata rata sudah 90 persen, tinggal kita hadapi pemungutan suara di 14 Februari," tandasnya.

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini