Berpangkalan di Tobelo, KM Sabuk Nusantara 35 Resmi Berlayar, ini Rutenya

Sebarkan:
Petugas UPP kelas I Tobelo bersama awak KM Sabuk Nusantara 35. (Istimewa)
TOBELO - KM Sabuk Nusantara 35 resmi memulai pelayaran perdananya, pada Kamis 14 Maret 2024. Kapal ini melintasi rute Tobelo, Maba, Bicoli, Sakam, Peniti, Tepeleo, Pulau Gebe, Pulau Dama dan Pelabuhan Bitung. Trayek R-50 pangkalan Tobelo ini merupakan satu dari 107 trayek kapal perintis seluruh Indonesia di tahun 2024.

Kapal dengan kapasitas angkut 103 penumpang ini akan menjalani rute pelayaran tersebut selama 12 hari berlayar. Kehadiran KM Sabuk Nusantara 35 ini diharapkan manfaatnya dapat dirasakan masayarakat di wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan atau 3TP, khususnya di kabupaten Halmahera Utara (Halut).

Kepala Kantor UPP kelas I Tobelo, Rusdi Hud, kepada Kabarhalmahera.com  mengatakan kehadiran angkutan laut perintis di wilayah Halmahera Utara ini dapat mewujudkan konektivitas antar pulau yang selama ini belum terhubung.

Ia menegaskan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berupaya untuk membuka keterisolasian antar pulau melalui angkutan laut perintis, guna menjamin kelancaran konektivitas nasional dan memastikan kawasan 3TP memiliki akses yang lebih baik ke wilayah lainnya di Indonesia.

"Saat ini sarana kapal penumpang yang berada di wilayah Tobelo sebagian besar masih berbahan kayu dan sudah berumur tua, sehingga dengan adanya KM Sabuk Nusantara 35 ini dapat meningkatkan aspek keselamatan dan kenyamanan penumpang karena akomodasi penumpang di kapal ini sangat layak dan bersih. Baik itu tempat tidur, kamar mandi serta ruangannya berpendingin," ujar rusdi saat disambangi diruang kerjanya, Kamis, 14 Maret 2024.

Rusdi berpesan kepada masyarakat yang nantinya memanfaatkan jasa angkutan laut perintis ini bersama-sama dengan pihak operator kapal untuk menjaga kebersihan diatas kapal. Dengan cara tidak membuang sampah sembarangan diatas kapal dan membeli tiket sebelum naik diatas kapal karena angkutan laut kapal perintis ini harganya sangat terjangkau.*

====
Penulis: Tim
Editor   : Rustam Gawa

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini