Sekwan Gagas Inovasi Optimalisasi Pengelolaan Pokok Pikiran DPRD Bersinergi

Sebarkan:
Kantor DPRD Kota Tidore. (Istimewa)
TIDORE - Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat (Sekwan DPRD) Kota Tidore Kepulauan Rudy Ipaenin, S.STP,MH, mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan 1 Tahun 2024.

Pada pelatihan ini, Rudy Ipaenin menggagas inovasi  Optimalisasi Pengelolaan Pokok Pikiran DPRD Bersinergi (OPS!). Konsep ini nantinya menghasilkan Standar Operasional Prosedur tentang Penyusunan Pokok Pikiran DPRD, Peraturan DPRD tentang Pokok Pikiran DPRD, dan Peraturan Walikota tentang Pokok Pikiran DPRD dalam Perencanaan Pembangunan Daerah.

Sekretariat DPRD merupakan Perangkat Daerah yang mendukung Tugas dan Fungsi DPRD, salah satunya adalah Penyusunan Pokok-Pokok Pikiran DPRD.
Hal ini juga merupakan upaya mengakomodir kepentingan dan aspirasi masyarakat serta menyelaraskan prioritas pembangunan daerah sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. Untuk itu, perlu mengatur secara terencana, terpadu dan sistematis antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Pemerintah Daerah.

Selain itu, mengatur terkait Perangkat daerah pelaksana Usulan Pokok Pikiran DPRD yang juga melakukan pengecekan lapangan dan verifikasi Pokok Pikiran DPRD yang telah ditelaah sesuai kebutuhan riil dilapangan dengan mempertimbangkan azas manfaat, efisiensi, efektifitas dan program prioritas pembangunan daerah.

Kondisi yang diharapkan dalam Proyek Perubahan ini adalah Penyampaian Pokok Pikiran DPRD tepat Waktu yang disampaikan ke Walikota melalui Baperida maupun yang diinput dalam SIPD yaitu paling lambat 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat Kota dan tentunya hasil Pokok Pikiran DPRD selaras dengan Prioritas Pembangunan Daerah dan Program Unggulan Daerah.

Informasi hasil Pokok Pikiran DPRD juga nantinya dapat diakses secara online memalui dprdkotatidorekepulauan.com di item OPS! yang telah disediakan. Selain itu, Usulan Aspirasi maupun pengaduan terkait Pokok Pikiran DPRD juga dapat dilakukan melalui pengaduandprd.com.*

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini