Bapenda Malut Sukses Gelar FGD Sidola Batagi ke-3 di Halmahera Selatan

Sebarkan:
Peserta pada FGD Sidola Btagi di Halmahera Selatan. (Hk)
HALSEL - Badan pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Maluku Utara (Malut)  menggelar Focus Grup Discussion (FGD) ke 3 di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Senin, 10 Juni 2024.

Kegiatan dengan tema Peningkatan PAD Melalui Sidola Batagi itu berlangsung di Aula Hotel Buana Lipu, Desa Mandaong, Kecamatan Bacan Selatan .

Kepala Bapenda Maluku Utara, Hj. Zainab Alting, SE,. M.Si menjelaskan, kegiatan Sidola Batagi adalah program yang di luncurkan itu untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Aplikasi Sidola Batagi.

"Program Sidola Batagi telah di launching oleh PJ Gubernur Maluku Utara 22 Mei 2024 lalu, dilanjutkan dengan FGD Pertama dan Sosialisasi Peraturan Gubernur terkait Pedoman Penagihan dan Penelusuran Sidola Batagi yang dihadiri oleh seluruh Kepala Samsat dan staf. Juga 5 Juni telah dilaksankan FGD kedua dan yang menjadi tuan rumah adalah Samsat Kota Ternate," ujarnya.

Zaina menambahkan, sebelumnya implementasi penagihan pajak yang di 10 Kabupaten Kota di Maluku Utra dilaksankan tiga bulan sekali, namun dengan adanya aplikasi Sidola Batagi, pelaksanaan penagihan dilakukan setiap hari oleh tim Penagihan dan seluruh staf Samsat.

"Jadi setelah selama dua minggu program Sidola Batagi di lounching, tim telah bekerja maksimal dan telah menunjukkan berbagai kemajuan yang patut kita apresiasi," katanya.

"Perlu saya sampaikan juga bahwa penagihan ini tetap berjalan, kalaupun kami telah selesai pendidikan karena ada Reword yang disiapkan untuk seluruh staf guna menambah incam bagi mereka diluar tunjangan penghasilan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah. Namun kami juga menyadari masih ada tantangan yang perlu kita atasi bersama terkait permasalahan di lapangan. Oleh karena itu, melalui FGD ini, diharapkan dapat merumuskan strategi akhirya yang konkret dan implementatif untuk
mengoptimalkan penerimaan pajak kendaraan bermotor," tandasnya. (red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini