Bupati Halut Terima Kunjungan Danlanal Ternate

Sebarkan:
Bupati Halut saat menyambut Danlanal Ternate. (Istimewa).
KAMERA TOBELO - Bupati Halmahera Utara, Ir. Frans Manery menerima kunjungan Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ternate, Kolonel Laut (P) Supriadi, pada Senin (10/06/2024) di Kantor Bupati Halut, Jalan Kawasan Pemerintahan No. 1 A, Tobelo.

Kunjungan dilakukan dalam rangka menjalin Silaturahmi dan komunikasi yang baik dengan Pemerintah Daerah di wilayah kerja Pangkalan TNI AL Ternate, mengingat Kabupaten Halmahera Utara menjadi salah satu wilayah kerjanya.

Danlanal Ternate tiba di Kantor Bupati Halmahera Utara didampinggi, Pasi Intel Lanal Ternate Mayor Laut (P) Sunardi. Hadir bersama Bupati Halmahera UtaraUtara, Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Utara, Drs. Erasmus Joseph Papilaya, M.T.P,. 

Terkait Kunjungan Danlanal ke Pemda Halmahera Utara, Sekda menyampaikan, Danlanal, baru beberapa Bulan menjabat sebagai Danlanal Ternate.

"Maksud kunjungan ini dalam rangka perkenalan dan menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik antara Pangkalan TNI AL Ternate bersama Pemda Halut. Kunjungan ini juga sekaligus melihat medan serta jangkauan Pos TNI AL yang ada di Halmahera Utara. Danlanal Juga mengecek lahan untuk pembangunan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) di Halmahera Utara. Untuk lokasinya Ada sekitar Delapan 8 Hektare (ha), di Desa Kali Pitu, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, tepatnya di Perempatan Jalan. Jadi jika pihak TNI AL  akan membangun, silahkan saja karena legalitas dari lahan tersebut sedang dalam proses atau (On Process), melalui Kantor Staf Presiden (KSP) di Jakarta, Kementrian terkait dan akan segera dituntaskan," ujar Sekertaris Daerah mewakili Bupati.

"Kita selaku pemerintah, sudah mengajukan permintaan kepada Pemerintah Pusat untuk memghibahkan lahan tersebut. Dan salah Satu yang menjadi Opsi penyelesaiyan itu, berupa pembayaran atau hibah dan pengaturan lainya. Dan kita sudah melakukan permintaan hibah dan pengaturan lain sehingga itu yang dimaksud prosesnya sementara berjalan. Sebelumnya pihak Kememtrian BUMN, sudah bertemu Bupati terkait itu, dan Pemda juga harus menerima pikiran dari BPK. Jadi dalam Minggu ini kami akan bertemu BPK serta minta pertimbangan - pertimbangan. Menurut KSP itu ada ganti rugi dengan nominal 1 Rupiah," sambungnya.

Dirinya menuturkan, pihak TNI AL, jika akan membangun, pemerintah akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) Bupati tentang pengunaan lahan tersebut. 

"Harapan Pemerintah Daerah kepada Danlanal Ternate yang baru, bisa menjalin kerja sama yang baik di aspek keamanan laut, sesuai tugas pokok dan fungsinya," tandasnya.

====
Penulis : Tim.
Editor    : Redaksi.

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini