SDIT Citra Umat Kota Tidore Berhasil Cetak 60 Generasi Penghafal Al-Qur'an

Sebarkan:
Peserta Wisuda Tahfidz Qur'an angkatan XII dan Dewan Guru SDIT Citra Umat. (Dar)
TIDORE - Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Citra Umat Kota Tidore Keplauan melaksanakan Wisuda Tahfidz Qur'an angkatan XII tahun pelajaran 2023/2024, Sabtu, 8 Juni 2024.

Kegiatan ini digelar di Aula SMA 1 Kota Tidore Kepulauan dengan tama Cintaku Kepada Al- Qur'an, Mahkota Surga untuk Ayah dan Ibu.

Kepala Sekolah SDIT Citra umat, Fadila Salama, mengatakan Wisuda Tahfidz Qur'an tersebut merupakan apresiasi kepada para siswa-siswi setelah lulus melaksanakan ujian.

"Hari ini adalah bentuk apresiasi dari kita guru, orang tua, dan pihak sekolah untuk anak salehh-saleha ini," ujarnya.

Siswa-siswi SDIT Citra Umat yang di wisudakan itu sebanyak 60 orang. Puluhan siswa ini telah menghafal Al-Qur'an 29 samapi 30 juz.

"Terima kasih anak saleh-saleha sudah melalui poses yang panjang selama enam tahun menimpah ilmu di SDIT Citra Umat. Terima kasih atas usahanya bisa menghafal Al-Qur'an," ucapnya saat memberikan sambutan.

Fadilah juga berpesan kepada para siswa-siswi yang wisuda itu agar terus menjaga dan menambah hafalan ke jenjang selanjutnya. Yang paling penting mengamalakan Al-qur'an.

"Selain itu jaga nama baik diri, keluarga, dan sekolah dimana pun berada," pesanya mengakhiri.

Ketua Panitia, Junaidi Saleh, dalam laporanya menyampaikan, SDIT Citra Ummat merupakan salah satu sekolah swasta di Kota Tidore yang bernaung dibawa yayasan Citra Ummat.

"Hadirnya SDIT Citra Ummat ini bukan menambah jumlah sekolah, tetapi menjadi sekolah yang melahirkan generasi penghafal Al-Qur’an dan berakhlak mulia," katanya.

Ia menjelaskan, wisuda Tahfidz Qur'an merupakan puncak dari proses pembelajaran Al-Qur’an dimulai dari Ziyadah, dan Murojaah setiap harinya.

"Jadi sebelum diputuskan sebagai peserta wisuda, setiap siswa harus melewati beberapa tahapan, salah satunya lulus dalam ujian Tahfidz Qur’an dihadapan tim penguji. Wisuda Tahfidz Qur’an merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan setiap tahun, bertujuan memotivasi siswa siswi dan sebagai bentuk apresiasi terhadap siswa siswi yang telah mengkhatamkan hafalan minimal 1 juz," terangnya.

Ia menambahkan, 60 peserta pada Wisudah Tahfidz Qur’an ini terdiri dari 27 akhwat dan 33 Ikhwan.

"Para peserta sesemuanya berasal dari suku yang berbeda namun berada dalam satu atap SDIT Citra Ummat Tidore," katanya.

"Kami juga berharap semoga Sekolah yang bernaung di Yayasan Citra Umat ini mendapat Perhatian dari Pemerintah dan semua Pemangku Kepentingan untuk
bersinergi untuk Memajukan Pendidikan di Kota Tidore Kepulauan," tandasnya.

====
Penulis: Aidar Salasa
Editor   : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini