Sosialisasi, Ikbal Djabid Ajak Anak SMK di Ternate Bumikan Empat Pilar Kebangsaan

Sebarkan:
Ikbal Djabid (ketiga dari kiri) saat memberikan sambutan (KH)
TERNATE - Anggota MPR RI Ikbal Djabid menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMK Pembangunan Kota Ternate, Maluku Utara, Jumat, 15 April 2022.

Sosialisasi tersebut adalah yang kesekian kalinya dilakukan Ikbal Djabid.

Kepala SMK Pembangunan Ternate Endang Purwaty mengaku, sangat berterima kasih karena sekolahnya dipilih sebagai tempat transformasi Empat Pilar Kebangsaan .

"Kami juga sangat bersyukur pak Ikbal Djabid memilih sekolah kami sebagai tempat sosialisasi," ujar Endang saat memberikan sambutan.

Ia menyebut, SMK Pembangunan Ternate baru kali pertama diselenggarakannya sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan.

"Karena itu kami berharap dengan adanya sosialiasi ini dapat meningkatkan pengetahuan para siswa-siswi terkait pentinganya kebangsaan," singkatnya.
Pose bersama usai kegiatan sosialisasi (KH)
Sementara itu Ikbal Djabid mengatakan, sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut merupakan perintah negara atau tugasnya sebagai anggota MPR RI yang tertuang dalam Undang-undang nomor 42 tahun 2014 tentang MPR, DPD dan DPR RI.

Ikbal juga berpesan kepada para pelajar agar tetap fokus dan disiplin belajar dan membumikan prinsip-prinsip Empat Pilar Kebangsaan. Karena menurutnya tantangan akan datang sangat mebutuhkan mental, keterampilan, dan kecerdesan sebagai anak bangsa yang potensial.

"Karena itu, Empat Pilar Kebangsaan harus tetap tertanam di hati kita sebagai anak bangsa," pintanya.

Ikbal menjelaskan, sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini di fokuskan pada pemahaman kebangsaan. Siantaranya Pancasila sebagai idiologi bangsa, UUD 1945 sebagai hukum tertulis atau sebagai konstitusi bangsa, NKRI sebagai kesatuan bangsa dari Sabang-Merauke dan Bhineka Tunggal Ika sebagai moto atau semboyan yang menandakan perbedaan namun tetap satu.

“Saya berharap pengamalan nilai-nilai empat pilar ini dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan dan nasionalisme kita, untuk menjadi penerus bangsa yang semakin mencintai negeri ini,” pinta Ikbal.

Ikbal bilang, saat ini berbagai persoalan kebangsaan terjadi dimana-mana, baik persoalan sosial, suka, agama dan berbagai konflik kepentingan lain nya. Hal ini kata dia, membuat persatuan dan kesatuan bangsa semakin retak lantaran abai dan lalai dalam mewujudkan nilai-nilai dari Empat Pilar Kebangsaan tersebut.

“Maka saya mengajak kepada kita semua agar tetap komitmen menanamkan nilai-nilai dari Empat Pilar Kebangsaan ini demi masa depan negara yang kita cintai ini,” pungkasnya. (wn/red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini