Anggaran Bencana di BPBD Sula "Seng" Ada, Pemdes Pakai DD Untuk Normalisasi Kali Baleha

Sebarkan:
Kalak BPBD Kepsul, Buhari Buamona saat di wawancara
SANANA - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula melalui Kepala Palaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Buhari Buamona, mengaku bakal mengganti anggaran Dana Desa atau DD yang digunakan pemerintah Desa Baleha untuk normalisasi Kali Baleha.

Sebelumnya pemerintah desa Baleha menyewakan satu unit alat berat (eksavator) untuk agenda normalisasi Kali Baleha lantaran terjadi banjir beberapa hari lalu.

"Saya dari awal sudah bilang di kepala desa, bahwa jangan pakai anggaran desa, ini sementara kita upayakan untuk bangun itu talut, saya kan kase tahu, tapi ternyata dua hari kemudian dia sudah pakai alat. Tapi tidak apa-apa untuk antisipasi diri, jadi saya paham," ujar Buhari ketika di temui sejumlah wartawan di Kantor Camat Sulabesi Timur, di Desa Baleha, Rabu, 29 Juni 2022 kemarin.

Buhari megatakan, normalisasi kali Baleha saat ini masih terus berjalan. Ia menyebut, kejadian banjir Kali Baleha bukan baru terjadi pertama kali. "Dan di Sula rawan banjir selalu terjadi di setiap tahun," katanya.

"Jadi walaupun hujan berhenti, namun normalisasi untuk mengatasi banjir Kali Baleha ini tetap harus jadi," ungkapnya.

Saat ini kata dia, pihaknya sudah merencanakan (anggaran) dan akan bangun Talut di Kali Baleha tersebut sesuai dengan kerusakan bangunan Talud yang kurang lebih 20 meter.

Disentil terkait anggaran tak terduga penanganan bencana di BPBD, Buhari mengaku, dananya tidak ada alias tidak tersedia. Ada hanyalah dana hibah.

"Kalau torang (kita) di Sula untuk sementara ini tidak ada dana, baik 2022 maupun di 2023 itu tidak ada, " katanya.

Kendati demikian, lanjut Buhari, walaupun anggaran (tidak terduga) itu pas-pasan namun pemerintah daerah tetap mengantisipasi, bilamana terjadi bencana dan paca bencana. (har)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini