Ada Kedaruratan di Laut, Segera Hubungi Kontak Emergency Basarnas Ternate di Nomor ini

Sebarkan:
 Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman (foto: Basarnas)
TERNATE - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate menghimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan akan cuaca ekstreme yang melanda sebagaian besar wilayah Maluku Utara.

"Untuk masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan transportasi laut di perairan Maluku Utara agar terlebih melihat kondisi cuaca sebelum melakukan perjalanan," imbau Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman, Sabtu pagi, 16 Juli 2022.

Kepada para nelayan juga diminta agar menahan diri untuk tidak melakukan aktivitas di laut dan diharapkan selalu menyediakan pelampung keselamatan jika tetap melaut.

"Ini karena saat ini cuaca cukup ekstrem, hujan disertai angin kencang dan gelombang tinggi. Kondisi cuaca sangat rawan terjadi bencana maupun musibah," kata Fathur.

Jika terjadi kedaruratan dalam aktifitas di laut, kata Fathur, maka segera menghubungi Basarnas di Emergency Call 115, atau di nomor kantor Basarnas Ternate (0921) 31200069, maupun WhatsApp di nomor 0813 5251 8454.

Fathur mengemukakan, saat ini Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate telah menyiagakan personel dan peralatan yang dapat digunakan untuk evakuasi jika diperlukan. Ini dilakukan sabagai langka antisipasi jika terjadi sesuatu.

Selain di Ternate, Basarnar juga menyiagakan Pos SAR Tobelo, Unit Siaga Sar Bacan, Unit Siaga Sar Morotai dan Unit Siaga Sar Sanana. Sementera Alut yang disiapkan diantaranya KN 237 Pandudewanata, Rescue Boat 309, RIB, Perahu Karet, dan peralatan SAR lainnya.

"Basarnas akan selalu berkoordinasi dengan unsur terkait utamanya BMKG untuk mengupdate kondisi cuaca di Maluku Utara serta meningkatkan pemantauan melalui komunikasi dengan stake holder terkait," tandasnya.* (WN/red).
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini