Jadi Irup pada Upacara HUT RI ke 77, Begini Seruan Kepala Desa Durian Tidore

Sebarkan:
Kades Duran saat membacakan teks teks proklamasi (As)
TIDORE - Kepala Desa Bukit Duiran, Kecamatan Oba Utara, Fiktor Pareta, didapuk menjadi Inspektur upacara pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke 77.

Acara tersebut digelar oleh Ikatan Pemuda Pelajar Bukulusa (IPPB), yang terpusat di lapangan Sekolah Siti Aisyah, Dusun 2 Bukulasa,  Desa Bukit Durian, Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepuluan, Rabu, 17 Agustus 2022.

Dalam acara tersebut, Fiktor Pareta mengingatkan kepada masyarakat Desa Durian bahwa Kemerdekaan bukan hanya sekedar teks atau sebuah slogan belaka, akan tetapi Kemerdekaan kata dia, adalah bentuk dari perjuangan dan proses kemerdekaan yang sejati.

"Meskipun hanya dalam tatanan sebuah pemerintahan terkecil yakni pedesaan, namun sebuah Kemerdekaan bagi kita, adalah sama seperti halnya dalam skala Nasional, Kemerdekaan berpikir, bekerja, serta kebebasan sebagai masyarakat yang benar-benar bebas berkehendak, sesuai amanat UUD 1945," ujar Fiktor dalam sambutannya.

Irup saat menyerahkan benderah merah-putih untuk di kibarkan (As)
Dikesemptan itu, Fiktor juga mengurai tentang sejarah perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia, dimana pada saat itu, menurutnya, merupakan sebuah perjuangan yang tak ternilai harganya hingga berhasil mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

"Kemerdekaan yang kita jalani saat ini merupakan jasa para pahlawan, maka kita wajib melakoni era merdeka ini dengan segala kegiatan yang dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik untuk bangsa dan Desa ini," katanya

Ia juga mengatakan, Kemerdekaan itu penting dijaga dengan semangat gotong royong  dan kesatuan demi kemajuan bangsa Indonesia. Untuk itu, para Pelajar, pemuda, dan masyarakat diharapkan agar bisa bersama menciptakan sebuah desa yang maju, punya mental yang kuat, bertanggung jawab, juga berprestasi.

"Kita patut menjunjung Kemerdekaan ini dengan segala bentuk prestasi, mengukir kebersamaan untuk terus maju dan mengharumkan nama Desa yang sama-sama kita cintai ini," ajaknya.

Prosesi pengibaran bendera (As)
Fiktor pun mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Bukit Durian agar bisa bersinergi dengan segala kemampuan dan usaha untuk membangun Desa, yang telah di perjuangkan para leluhur tanpa memandang suku, agama, dan budaya masing-masing.

"Suku tidore, suku Tobaru, Suku Galela dan agama Islam Maupun Kristen, di mata Indonesia kita diberi posisi yang setara, dan disatukan oleh Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetap satu. Maka tidak boleh kita jadikan perbedaan itu sebagai musuh, yang dapat memecah belah semangat persatuan yang selama ini telah diperjuangkan oleh pendahulu kita, hingga lahirlah sebuah Kemerdekaan yang saat ini kita nikmati," tegasnya.

Diakhir sambutannya, Fikto mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pemuda pelajar bukulasa, Desa Bukit Durian, panitia pelaksana kegiatan peringatan hari ulang tahun RI yang Ke 77 tahun 2022, dan kepada pihak yang telah membantu baik secara materil maupun moril. 

"Petiklah makna Kemerdekaan sebagai motivasi untuk tetap tumbuh dan berkarya, kami berikan apresiasi dan  selalu mendukung usaha saudara sekalian demi kemajuan Desa Bukit Durian," tandasnya.(As)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini