KSOP Ternate Lakukan Giat Sosialisasi Keselamatan Pelayaran di Sejumlah Sekolah

Sebarkan:
Pose bersama usai giat sosialisasi di SMA Negeri 4 Ternate (Jun)
TERNATE - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP Kelas II Ternate menggelar sosialisasi keselamatan pelayaran di SMA Negeri 4 Kota Ternate. Kegiatan ini diikuti kurang lebih sebanyak 100 siswa-siswi kelas X dan XI.

Sebelumnya kegiatan serupa telah digelar di SMK Pelayaran Putra Bahari.  Rencananya sosialisasi ini juga bakal digelar di SMK 1, SMK 2 , dan SMA Negeri 1 Kota Ternate.

Sosialiasi yang diberi lebel Perhubungan Mengajar 2022 itu bagian dari rangkaian kegiatan menyambut Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada 17 September mendatang.

"Kami sangat berterima kasih kepada pihak sekolah yang mau memberikan waktu untuk kami melakukan Giat Sosialiasi ini. Kami juga melihat siswa sangat antusias para saat sesi tanya jawab, hal itu membuat kami lebih bersemangat untuk menjelaskan karena banyak dari mereka belum tahu keguanaan dari alat alat keselamatan," ujar Kepala Kantor KSOP Kelas II Ternate, Agustinus, saat ditemui, Kamis, 18 Agustus 20220.

Ia menyebut, materi yang diberikan dalam sosialisasi itu lebih pada alat-alat keselamatan diatas kapal.

"Selain itu kami juga menejelaskan kepada siswa terkait langkah apa yang harus dilakukan apabila kapal mengalami musibah kecelakaan laut," katanya.

Agustinus menambahkan, sosialisasi yang digelar itu dianggap penting demi menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keslematan pelayaran. Itu karena menurut dia, aspek keselamatan merupakan tanggung jawab semua pihak, bukan saja tanggung jawab pihak syahbandar.

"Dengan terciptanya kesadaran masayarakat, kita dapat meminimalisir kecelakaan laut yang diakibatkan oleh kelalalaian manusia," ucapnya.

"Mengingat daerah Maluku Utara ini lebih luas wilayah lautnya dibanding daratan sehingga pergerakan orang lebih banyak memanfaatkan moda transportasi laut," sambungnya.

Penulis : Tim
Editor    : Redaksi
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini