PakaTiva Maluku Utara Kampanye Ternate Bebas dari Sampah Plastik

Sebarkan:
Aksi bisu kampanye Ternate Bebas Sampah (Foto: Ramlan)
TERNATE - Perkumpulan PakaTiva kembali melakukan kampanye tentang lingkungan. Kali ini, kampanye itu terkait sampah plastik yang sebarannya meningkat di wilayah Kota Ternate, Maluku Utara.

Kampanye digaung dengan tema Aksi Kampanye Kaum Muda Kota Ternate Bebas dari Sampah Plastik ITU berlangsung di Kawasan Landmark, Jalan Pahlawan Revolusi, Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah, Minggu 31 Juli 2022 kemarin.

Massa lakukan aksi bisu dengan menampilkan pamflet sadar sampah, ada juga bola bumi yang dibikin dari sampah, bahkan yang unik adalah jalangkung sampah plastik.

"Selain Pakativa yang di dalamnya anak-anak alumni kelas Estuaria, juga terdapat sejumlah pelajar dan anak-anak. Pelajar dan anak-anak ini kebetulan jalan pagi dan ikut bergabung," kata Indrasani Ilham, penanggung jawab kegiatan.

Akes, sapaan akrabnya Indrasani itu bilang, kampanye itu mengajak masyarakat terutama kaum muda agar menjadikan isu lingkungan khususnya sampah plastik menjadi kesadaran bersama.

"Karena sampah plastik hasil pengamatan kami di Kota Ternate hampir tersebar di semua titik, apalagi pesisir pantai hingga ke laut. Ini juga mencemari laut dan pengaruh terhadap keberlangsungan hidup biota laut," katanya.

Aksi kampanye Ternate Bebas Sampah (Foto: Ramlan)
Selain kampanye, juga dilakukan pembagian kantong sampah kepada warga yang melintasi kawasan Landmark, juga dilanjutkan dengan pungut sampah di taman pantai Falajawa.

"Alhamdulillah masyarakat merespons baik, bahkan ada yang langsung terlibat dalam kampanye maupun pungut sampah," ucapnya.

Kegiatan semacam ini, menurut Akes masih akan terus berlanjut. Sehingga butuh dukungan semua pihak utamanya pemerintah setempat.

"Kami minta agar ada langkah tegas dari Pemkot untuk menindak penyebaran sampah plastik di Kota Ternate," tandasnya.* (WN/red)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini