Dies Natalis Persekutuan Mahasiswa Kristen ke 11 Sukses Digelar

Sebarkan:

Foto bersama dengan Warek I, Pembina PMK, Ketum PMK, Ketua GMKI serta panitia (Kamera/Arfles)
KAMERA TERNATE - Perayaan Dies Natalis ke 11 Tahun Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) Universitas Khairun Ternate, sukses digelar. Acara itu berlangsung di gedung Aula Banau FKIP Unkhair Kampus I, Jumat, 9 September 2022.


Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Dr Hasan Hamid, Pdt Yakobus Tjanu, GMKI, BEM-Fakultas FKIP, Lembaga Dakwa Kampus (LDK), dan Aspirasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Acara ini juga disajikan tarian lalayon, tarian kreasi oleh anggota PMK-U, serta filosofi perempuan.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adakah "Aku, hikmat, tinggal bersama-sama dengan kecerdasan, dan aku mendapat pengetahuan dan kebijaksanaan. Amsal 8:12", Sub tema "Mengembangkan potensi serta kreatifitas dalam keberagaman budaya di lingkup Universitas Khairun Ternate."

Pdt Yakobus Tjanu dalam khotbahnya mengutip Amsal 8:1,12, 35, dan ayat 36,  tentang memperoleh hikmat. Hal itu menurut dia, untuk memperkuat iman para tamu yang hadir.

Sementara itu, Filosofi perempuan Miske Kaerasa mengajak seluruh insan yang ada dalam satu persatuan PMK tetap menjadi terang.

"Perempuan tidak hanya melakukan pekerjaan rumah, namun bisa melakukan banyak hal. Perempuan itu sebagai penolong," ucap Meiske.

Wakil Rektor I Dr. Hasan Hamid dalam sambutannya mengatakan, saat ini sangat dibutuhkan speed of thinking atau kecepatan berfikir untuk mengimbangi kemajuan yang luar biasa kedepan. Itu yang harus yang dimiliki mahasiswa PMK.

"Di tahun ini juga ada yang namanya Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa). Saya melihat harus lebih banyak jiwa mahasiswa yang berkiprah di PPK Ormawa karena tingkat nasional," katanya.

"Sekarang ini, kita bertransformasi yang sangat luar biasa didalam proses penyelengaraan pendidikan tinggi khususnya, di seluruh Indonesia," sambungnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik itu berharap agar generasi PKM harus mampu meraih kesempatan pertukaran mahasiswa Indonesian International Student Mobility Awards atau IISMA.

"jadi para kader PMK tidak hanya belajar di dalam saja, harus keluar karena sekarang sudah ada yang namanya IISMA yakni pertukaran mahasiswa. Kader-kader PMK harus meraih kesempatan tersebut. Semoga PMK lebih jaya, lebih berkiprah serta lebih maju lagi," harap Hasan.

Sementara itu Pembina PMK Dr. Yumima Sinyo mengungkapkan, kehadiran PMK di Unkhair Ternate hingga saat ini masih dalal tataran yayasan.

"PMK itu sudah ada sejak Unkhair berdiri, hanya saja sempat vakum, karena ada berbagai hal yang terjadi," ujarnya.

Menurutnya di tahun 2010, PMK diaktifkan kembali oleh Prof Gufran Ibrahim. Ia Bilang, Prof Gufran adalah pencetus yang mengaktifkan kembali organisasi PMK di dalam kampus. Ini dalam rangkah menciptakan kampus yang pluralism. Dan pada 2011 kata Yumima, diresmikan menjadi PMK yang sebelumnya dengan nama HMK.

"Pada 2010 PMK diaktifkan oleh Prof Gufran Ibrahim, beliau (Gufran) adalah pencetus. Nama sebelumnya Himpunan Mahasiswa Kristen (HMK), sejak tahun 2011 diresmikan sebagai PMK," katanya.

Ketua umum PMK Intan Tjandua dalam sambutan menyatakan, kegiatan yang digelar ini merupakan salah satu kegiatan tahunan yang selalu diselenggarakan.

"PMK ini harus terus tumbuh dan bergerak menjalankan tugas pelayanan di tengah kampus, gereja, dan masyarakat," bebernya.

Ia bilang, PMK saat ini menjadi sekolah dan rumah bersama untuk mengembangkan setiap potensi mahasiswa kristen yang bernaung dibawa Unkhair.

"PMK itu tempat sekolah latihan rumah kita bersama, kita harus kembangkan potensi. Walaupun selalu mendapatkan persoalan internal bahkan eksternal tapi kita bisa lewati karena kekuatan kebersamaan.Organisasi ini sangat penting karena menjadikan satu berbagai manusia dengan latar belakang yang berbeda," tandasnya.

====
Penulis : Arfles Tajalahu
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini