Atraksi Udara Bakal Hiasi Gelaran Sail Tidore, Ini yang Akan Dilakukan

Sebarkan:
Tim Survei Demo Udara Sail Tidore. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Gelaran Sail Tidore pada 24 November akan datang bakal dihiasi dengan atraksi Terjung Payaung oleh anggota TNI Angkatan Udara dan Laut.

Lantaran itu, sebanyak 30 anggota Penerjun Payung akan melakukan latihan atau gladi bersi di kawasan Pantai Tugulufa Tidore pada 23 samapai dengan 24 November.

Hal tersebut dikemukakan oleh tim survey Sail Tidore TNI AU, Staf Potensi Dirgantara (Spotdirga) AU Kolonel Pasukan Paban IV, Dudi Wahyudin, saat melakukan peninjauan lokasi acara puncak Sail Tidore, Selasa, 1 November 2022.

Sebelumnya kunjungan ini disambut oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Yakub Husain di ruang Rapat Wali Kota.

Setelah dari situ, tim kemudian meninjau sejumlah lokasi yang akan menjadi tempat persiapan demo udara, baik di kawasan pantai Tugulufa, dan beberapa lapangan (stadion) yang dipersiapkan untuk tempat pendaratan antraksi fly pass, dan hellipad presiden.

Paban II/Potdirga Kasau TNI AU Kolonel Pnb R. Agung Sasongkojati, dalam mengatakan, tujuan kunjungan bersama tim survey Sail Tidore TNI AU ini untuk pengecekkan lokasi, karena tim penerbang akan melakukan latihan. Namun yang terpenting dari itu, adalah kesiapan kedatangan presiden dan para pimpinan negara lainnya, serta kementerian/lembaga.

“(Ini dilakukan) jangan sampai ada kekurangan, nanti terjadi caosh,” tutur Kolonel Pnb R. Agung.

Sementara itu, Staf Potensi Dirgantara (Spotdirga) AU Kolonel Pasukan Paban IV, Dudi Wahyudin menambahkan, latihan demo udara (terjun payung) di Kawasan Pantai Tugulufa, juga akan dibaringi demgan para motor dan fly pass pesawat tempur. Ini untuk persiapan acara puncak di 26 November 2022.

“Untuk jumlah penerjun rencananya dari TNI Angkatan Laut, 20 Anggota dan dari Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU 10 Anggota, jadi totalnya 30 Anggota Penerjun Payung. Hari ini kita hanya memastikan tempat-tempat yang memang sudah kita survey kemarin, ada perubahan atau tidak, serta melihat obstacle atau penghalang-penghalang yang bisa menghambat keselamatan kita, tim dari pesawat tempur juga sudah melihat tadi, tidak ada masalah, harapan kami cuaca tetap mendukung hingga acara puncak nanti,” kata Dudi.

Ia menambahkan, untuk susunan kegiatan Demo Udara ini kurang lebih gambarannya diawali dengan para motor, kemudian sailing pass, terjun payung, dan ditutup dengan atraksi fly pass pesawat tempur.

“Mohon doanya, mudah-mudahan angin serta cuaca mendukung, akan ada manuver  pesawat tempur yang luar biasa, inysa Allah,” tandasnya.

====
Penulis : Aidar Salasa
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini