Pemda Kepulauan Sula Bakal Perjuangan Ismail Digoel Sebagai Pahlawan Nasional

Sebarkan:
Wakil Bupati Sula,  Saleh Marasabessy usai berziarah ke makam Ismail Sahjuan. (Kamera/Suhardi)
KAMERA SANANA - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, bakal memperjuangan Ismail Sahjuan Sangadji atau Ismail Digoel sebagai Pahlawan Nasional.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Saleh Marasabessy usai berziarah ke makam Ismail Sahjuan, di Desa Mangon, Kamis, 10 November 2022.

"Saya akan sampaikan kepada ibu bupati, untuk bagaimana bapak Ismail Digoel juga (di dorong) sebagai pahlawan nasional,"  tegas Saleh, begitu disambangi wartawan.

Ia menyetakan, Ismail Digoel penting di perjuangkan sebagai pahlawan nasional. Itu karena ia sudah masuk dalam kategori pejuang nasional, belum lagi ia perna di asingkan Belanda di Boven Digoel, Provinsi Papua bersama dengan Bung Karno.

"Jadi kita ziarah ke makam beliau, sebagai rasa syukur kita, dan sekaligus ini menjadi motivasi buat kita, terutama generasi muda, bahwa betapa beratnya perjuangan pada jaman itu, yang konon ceritanya dari Irian ke Sula hanya dengan perahu," katanya.

"Ini adalah satu motivasi bagi kita, bahwa kita hari ini alhamdulilah, ade-ade semua jadi wartawan, saya juga hari ini jadi wakil bupati, itu semua karena perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur mendahului kita," sambungnya.

====
Penulis : Suhardi Umagapi
Editor    : Rustam Gawa
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini