Sail Tidore 2022 Resmi Dibuka Menpora Zainudin Amali

Sebarkan:
Menteri Pemuda dan Olahraga (Mempora) RI Zainudin Amali memberikan sambutan pada acara pembukaan Sail Tidore 2022. (Kamera/Aidar)
KAMERA TIDORE - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali, resmi membuka acara Sail Tidore, yang diselanggarakan di Kota Tidore Kepulauan, Kamis malam, 24 November 2022.

Kegiatan yang berpusat tepatnya di pantai Tugulufa, Kecamatan Tidore, itu dengan tema "Kota warisan dunia, perekat bangsa-bangsa".

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali itu menuturkan, bahwa pelaksanaan Sail Tidore ini bermakna  sangat luas bagi pemerintah.

"Kegiatan Sail Tidore ini maknanya sangat dalam dan luas terhadap pemerintah, apakah itu pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun Kota Tidore," ujar Mempora RI Zainudin Amali, dalam sambutannya.

Ia mengemukakan, latar belang dari Sail Tidore itu tidak hanya sekedar urusan berlayar, karena itu dengan adanya kegiatan ini masyarakat akan dunia tahu keindahan Kota Tidore dan Maluku Utara umumnya.

"Karena kegiatan ini sudah terpublikasi secara luas terutama di tempat-tempat yang ada kesamaannya dengan Kota Tidore. Mereka tahu tentang keindahan Kota Tidore, bahkan seluruh dunia tahu," katanya.

Olehnya itu, kata Zainudin Amali, pelaksanaan kegiatan Internasional seperti ini tidaklah mudah. Apabila ada satu Pemerintah Provinsi atau Pemerintah Kota (Pemkot) yang mampu melaksanakan kegiatan ini termasuk Sail Tidore itu luar biasa.

"Saya kira itu tanda kehebatan dari Provinsi dan Kota itu. Dan untuk masyarakat yang hadir harus bangga, karena Kota Tidore menjadi pilihan tempat pelaksanaan Sail Tidore Tahun 2022," ucapnya.

Zainudin mengimbau kepada masyarakat Kota Tidore Kepulauan harus menunjukan keramahannya kepada para pendatang dari berbagai negara dari manca negara maupun tamu-tamu yang menghadiri. Kata dia, yang paling utama yang memberikan pelayanan, kenyamanan serta keamanan.

"Paling utama yang dinilai adalah Hospitality, kenyamanan, keamanan. Kalau mereka merasa nyaman dan aman, maka pasti akan berkali-kali bahkan berulang-ulang akan datang di tempat kita," harapnya.

"Untuk itu, masyarakat Tidore yang hadir pada malam ini sangat menentukan kesuksesan Sail Tidore saat ini," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Pasca Sail Tidore nanti, kegiatan pentas seni dan budaya ini terus dilaksanakan sebagai agenda tahunan Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan. Ia juga mengajak masyarakat Kota Tidore Kepulauan, khususnya anak muda untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk membuat Tidore menjadi lebih baik.

“Mari kita terus berkreasi dan berinovasi untuk membuat Tidore menjadi yang terbaik, semoga rangkaian Sail Tidore ini berjalan lancar dan sukses, kami harap, kegiatan pentas seni budaya ini, dapat menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap tradisi budaya masyarakat Tidore, dan semangat untuk mencintai budaya sendiri,” ucap Ali Ibrahim.

====
Penulis : Aidar Salasa.
Editor    : Rustam Gawa  
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini